Dianggap Sepele, Padahal Ini Penyebab Perut Kembung pada Bayi

Bayi memang memilki tingkat sensitivitas yang tinggi terhadap lingkungan dan beberapa makanan. Hal tersebut tentunya akan menyebabkan masalah kesehatan pada bayi seperti masalah perut kembung. Untuk mengatasi perut kembung pada bayi, ibu harus mengetahui apa saja yang menjadi penyebab perut kembung pada bayi tersebut. Beberapa penyebab perut kembung  bayi adalah :

  1. Berjalan-Jalan Ketika Makan

Bayi yang sudah bias berjalan atau merangkak memang akan lebih aktif dan membuat ibu harus ekstra dalam memberikan makan pada bayi. Hal tersebut tentunya akan berpengaruh pada udara yang masuk pada saluran pencernaan. Menurut pakar grastroenterologi dan nutrisi anak, jika bayi sering moving ketika makan, akan membuat udara akan terperangkap dalam saluran usus.

Memang susah bagi ibu untuk membuat bayi diam ketika makan karena hal tersebut juga merupakan solusi agar bayi mau makan juga. Namun jika tidak dihindari maka perut bayi akan mudah kembung. Ibu harus pintar-pintar membuat bayi diam dengan trik memberi makannya di meja makan khusus bayi.

  1. Konsumsi Sayuran Brokoli, Kacang, dan Kol

Ketika bayi sudah menginjak usia dia tas 6 bulan, bayi akan diberikan MPASI (Makanan Pendamping ASI) dengan tekstur yang menyesuaikan umur. Waktu pemberian MPASI adalah waktu yang paling baik untuk memperkenalkan berbagai macam makanan terhadap bayi termasuk sayuran dan buah-buahan.

Namun, beberapa sayuran memang akan menghasilkan gas yang membuat perut bayi kembung seperti brokoli, kol, dan juga kacang. Untuk mengantisipasinya, ibu bisa mencari informasi yang lengkap mengenai jenis makanan yang akan mengakibatkan perut bayi kembung dan berikan alternatif jenis makanan lainnya untuk bayi.

  1. Waktu Menangis yang Terlalu Lama

Bayi menangis itu adalah hal yang wajar sebagai bentuk respons dan interaksi terhadap orang sekitarnya. Namun ibu juga harus segera menengkannya karena jika bayi tak kunjung berhenti menangis, udara akan semakin banyak masuk dan bisa menyebabkan perut bayi kembung. Untuk menenangkannya ibu bisa mengalihkan perhatian bayi atau jika ibu sudah menemukan penyebab bayi menangis seperti haus, pup, atau kencing segera atasi masalah tersebut.

  1. Kurangnya Mengonsumsi Air

Penyebab perut kembung pada bayi selanjutnya adalah cairan. Cairan juga mempengaruhi kinerja pencernaan. Jika bayi kekurangan konsumsi air maka bayi akan mudah  mengalami konstipasi yang biasanya akan menimbulkan perut kembung dan juga rasa tidak enak pada perut.

Setelah mengetahui beberapa penyebab dari perut kembung pada bayi, ibu juga harus tahu bagaimana cara mengatasi masalah perut kembung ini, berikut solusinya:

  • Membenarkan Posisi Bayi

Salah posisi ketika menyusui juga akan membuat bayi mudah untuk mengalami perut kembung. Untuk mencegahnya, ibu bisa memposisikan kepala bayi lebih tinggi dibandingkan dengan perut bayi sehingga udara tidak mudah masuk.

  • Memberikan Makan dalam Kondisi Tenang

Sebaiknya ibu sebisa mungkin memberikan makanan pada bayi ketika bayi dalam kondisi yang tenang. Atau jika ibu susah membuat bayi tenang, ibu bisa mengalihkan perhatian bayi dengan cara bercerita atau bernyanyi karena biasanya bayi akan peka ketika ada suara.

  • Melakukan Pijatan pada Tubuh Bayi

Untuk memudahkan bayi bersendawa dan memperlancar sistem percernaan bayi, ibu bisa memijat bagian perut bayi secara perlahan lahan agar kembung bayi segera teratasi. Setelah bayi mengeluarkan gas dari perutnya, tentunya bayi tidak akan rewel lagi.

Be the first to comment on ""

Leave a comment

Your email address will not be published.


*