Inilah Manfaat Daun Katuk untuk Asam Urat dan Masalah Kesehatan Lainnya

Daun katuk merupakan sayuran yang biasanya digunakan sebagai pelengkap untuk mengonsumsi makanan pokok. Seperti sayuran lainnya, daun katuk mempunyai kandungan gizi yang banyak yaitu zat besi, vitamin (A, B, dan C), kalsium, karoten dan lainnya. Tanaman ini dikenal sebagai booster ASI. Ibu-ibu yang mengalami kesulitan dalam hal menyusui direkomendasikan untuk mengonsumsi daun katuk. Selain itu, manfaat daun katuk juga baik untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan.

Berikut beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika mengonsumsi daun katuk :

  • Meningkatkan Imunitas Tubuh

Daun katuk mengandung vitamin C dan juga antioksidan yang tinggi yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Jika kamu mengonsumsi daun katuk secara rutin, kamu akan jarang terjangkit penyakit.

  • Mengobati Luka

Jika kamu mendapati luka selain luka bakar, kamu bisa menggunakan daun katuk sebagai obatnya. Hal tersebut berdasarkan penelitian yang menyatakan bahwa ekstrak daun katuk dapat digunakan sebagai penutup luka.

  • Pelancar ASI

Sebagain besar ibu menyusui pasti tahu bahwa daun katuk bisa digunakan sebagai bahan untuk memperlancar ASI. Dalam penelitian juga disebutkan bahwa daun katuk dapat meningkatkan eskpresi gen prolactin dan oksitosin pada tikus di mana hal tersebut akan berpengaruh pada hal akan meningkatkan produksi ASI tikus.

Masalah kesulitan menyusui merupakan momok yang sering dialami oleh ibu menyusui, sehingga berbagai cara akan dilakukan untuk memperlancar produksi ASI, salah satunya adalah dengan mengonsumsi daun katuk. Daun katuk juga mengandung galactogogue yang juga berfungsi untuk meningkatkan produksi ASI. Ketika produksi ASI meningkatkan, nutrisi bayi akan tercukupi dan akan berpengaruh juga pada tumbuh kembang bayi.

  • Mengurangi Asam Urat

Asam urat adalah suatu kondisi di mana terjadinya penumpukan uric acid atau asam urat  pada persendian. Hal tersebut akan membuat nyeri di sekitar persendian di mana tentunya akan sangat menganggu aktivitas sehari-hari. Salah satu cara untuk mengatasi rasa nyeri tersebut adalah kamu bisa mengonsumsi daun katuk.

Daun katuk untuk asam urat berkhasiat untuk mengurangi pembengkakan pada bagian persedian yang diakibatkan karena asam urat. Untuk mengatasinya kamu bisa menyeduh daun katuk dan meminumnya setiap hari.

Daun katuk untuk asam urat memang sangat bermanfaat bagi penderita asam urat. Namun, untuk mencegahasam urat tidak lebih parah, kamu juga harus menghindari makanan yang bisa menyebabkan asam urat seperti kacang tanah dan melinjo.

  • Kesehatan Mata

Mata adalah pancaindera yang wajib dijaga. Banyak sayuran ataupun buah-buahan yang mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, salah satunya adalah daun katuk. Selai bagus untuk kulit, kandungan vitamin A pada daun katuk juga bermanfaat untuk menghaluskan kulit. Kamu tentunya bisa mengonsumsinya secara langsung atau dengan meminum air seduhan daun katuk.

  • Meningkatkan Vitalitas Pria

Daun katuk mengandung senyawa fitokimia yang bagus untuk vitalitas pria dan juga meningkatkan produksi dan juga kualitas sperma. Hal tersebut tentunya akan sangat penting untuk kualitas janin dan anak di masa depan. Untuk para pria, mengonsumsi daun katuk sangat direkomendasikan untuk membentuk generasi emas di masa mendatang.

  • Mencegah Penuan Dini

Tua itu adalah hal yang pasti. Namun kamu bisa memperlambatnya dengan cara mengonsumsi berbagai bahan makanan yang mengandung antioksidan yang tinggi salah satunya adalah daun katuk. Mengonsuminya secara rutin dalam bentuk sayuran atau air seduhan daun katuk akan bermanfaat untuk mencegah penuan dini.

So, dengan mengonsumsi daun katuk, beragam masalah kesehatan akan teratasi.

Be the first to comment on ""

Leave a comment

Your email address will not be published.


*