3 Jenis Mainan Gigitan Bayi Atau Teether Dan Fungsinya

Mainan gigitan bayi atau teether bukan sekedar mainan namun bisa membantu masalah bayi pada masa pertumbuhan gigi. Saat giginya akan tumbuh, bayi mengalami ketidaknyamanan karena proses pecahnya gisu saat gigi mendorong melalui garis gusi.

Itu sebabnya saat mau tumbuh gigi, bayi sering rewel, cerewet, mudah marah sehingga menyebabkan pola makan dan tidurnya menjadi terganggu. Bahkan ada juga bayi yang mengalami demam. Selain itu, bayi akan mengalami perubahan perilaku, seperti: susah tidur, mengeluarkan air liur berlebihan dan memasukkan benda yang ia pegang ke dalam mulutnya. Kegiatan menggigit benda, bayi lakukan untuk melegakan sakit dan rasa tidak nyaman.

Solusi tepat yang efektif dan aman untuk mengurangi rasa nyeri akibat tumbuh gigi adalah dengan teether. Sekarang beragam pilihan produk teether dijual baik di toko online maupun konvensional. Karena banyaknya pilihan, maka diperlukan kejelian dan ketelitian agar tidak salah beli.

Pertama-tama ketahui terlebih dulu fungsi dan fiture teether, karena setiap fitur memiliki fungsi yang berbeda-beda. Penggunaan teether yang salah bisa menyebabkan pertumbuhan yang salah dan mempengaruhi efektifitas fungsi teether itu sendiri.

Nah, berikut ini 3 jenis dan fungsi mainan gigitan bayi atau teether.

Ergonomic Teether

Teether yang satu ini memiliki fungsi untuk merangsang sensitifitas gigi, gusi dan melegakan gatal pada gusi. Teksturnya berbeda dengan teether biasa. Ergonomic teether biasanya terbuat dari silicon atau karet yang fleksibel dan lembut sehingga mudah terjangkau kebagian mulut dan gigi yang paling dalam.

Transition Teether

Teether ini memiliki fungsi yang sangat penting untuk membantu proses transisi pada saat gusi pecah dan gigi mau keluar. Selain itu fungsi teether ini adalah untuk membersihkan sel gusi yang mati dan mencegah terjadinya infeksi. Jika terjadi infeksi biasanya bayi akan mengalami demam. Bahan teether transition yang baik adalah yang terbuat dari silicone solid, agak keras namun aman. Hindari membeli teether yang terbuat dari plastic.

Soothing Teether

Teether ini fungsinya untuk mengurangi rasa sakit pada gusi dan gigi yang belum keluar. Umumnya soothing teether terbuat dari silicone yang lembut dan di dalamnya berisi caran air yang bisa dibekukan dengan cara dimasukkan ke dalam freezer.

Massaging Teether

Theether ini fungsinya adalah untuk meredakan sakit, nyeri pada saat gigi sudah mau keluar. Permukaan teether memiliki teksture dan permukaan keras dan lembut. Bentuknya unik-unik dengan tujuan dapat menjangkau gigi bagian dalam. Biasanya teether ini terbuat dari silicone yang aman.

Demikian informasi mengenai 3 jenis mainan gigitan bayi dan fungsinya. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan si kecil. Selain itu perhatikan juga cara menggunakannya dan fungsi masing-masing teather, karena dengan mengetahui hal tersebut dapat membuat mainan gigitan ini bermanfaat secara maksimal. Jangan lupa untuk memperhatikan kebersihan teether.

Be the first to comment on "3 Jenis Mainan Gigitan Bayi Atau Teether Dan Fungsinya"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*