4 Cara Aman Diet untuk Turunkan Berat Badan Anak

Anak-anak masih berada dalam masa pertumbuhan sehingga tidak heran jika orang tua kerap memberikan makanan dan minuman yang bisa membantu tumbuh kembang anak secara maksimal. Akan tetapi, tidak sedikit orang tua yang memberikan anak makanan dan minuman yang diinginkan anak sehingga berat badan anak menjadi bertambah drastis bahkan lebih dari BB ideal sesuai dengan usia anak. Untuk menjaga agar anak memiliki BB yang ideal sehingga terhindar dari obesitas, maka Anda bisa melakukan tips diet berikut ini.

Sebelum Anda melakukan tips diet ini, hindari untuk melakukan diet ketat bagi anak karena tidak bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Tips yang pertama adalah beri anak makanan dengan diet seimbang yang terdiri dari sayur dan buah, susu, makanan sumber protein dan makanan sumber karbohidrat misalnya nasi merah, oats, sereal ataupun gandum. Hindari untuk memberikan nasi putih terlalu banyak dan jangan lupa cukupi kebutuhan serat anak sehingga terhindar dari masalah konstipasi atau sembelit.

Kedua adalah jangan terlalu lama membiarkan anak untuk menonton TV atau bermain video game atau kegiatan yang membuat anak kurang bergerak. Hal tersebut akan menyebabkan terjadinya penumpukan lemak namun juga membuat anak menjadi kurang tidur sehingga membuat anak menjadi kelebihan berat badan. Untuk mengurangi hal tersebut, berdasarkan saran dari ahli, Anda bisa tidak menaruh TV di kamar tidur anak dan menonton TV tidak lebih dari 2 jam. Selain itu, Anda juga harus mengurangi waktu anak untuk bermain gadget misalnya hanya diberikan saat jam tertentu.

Ketiga adalah mengajak anak untuk bergerak di luar ruangan dan berolahraga secara teratur. Anda bisa menyisihkan waktu untuk berolahraga bersama dengan anak. Selain berolahraga Anda bisa mengalihkan kegiatan luar ruangan anak tersebut dengan beragam jenis aktivitas lainnya misalnya mengajari anak bermain sepeda, bercocok tanam di kebun, menata taman atau jenis aktivitas yang bisa dikerjakan agar tubuh bergerak sehingga bisa membakar lemak yang ada di dalam badan.

Keempat adalah secara perlahan mengubah kebiasaan anak. Cara diet aman untuk menurunkan berat badan anak ini bisa dilakukan secara perlahan misalnya dilakukan di setiap minggu. Kebiasaan tersebut diantaranya adalah:

  • Mengurangi asupan gula tambahan bagi anak. Anda bisa memulai untuk tidak memberikan tambahan gula untuk susu formula yang diberikan ke anak, mengganti minuman berwarna atau yang manis dengan menggunakan air putih.
  • Membiasakan anak mengkonsumsi sarapannya misalnya dengan mengkonsumsi nasi merah sehingga saat siang hari tidak terlalu lapar.
  • Batasi anak untuk mengkonsumsi junk food ataupun tidak makan di tempat makan seperti restoran.
  • Jangan lupa untuk memberikan anak dengan porsi yang sedikit demi sedikit dikurangi sehingga anak dapat terbiasa dengan porsi makannya.

 

Be the first to comment on "4 Cara Aman Diet untuk Turunkan Berat Badan Anak"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*