4 Posisi Menyusui Bayi yang Sangat Direkomendasikan

4 Posisi Menyusui Bayi yang Sangat Direkomendasikan

Bagi Anda wanita yang baru saja menjadi seorang ibu pasti pernah mengalami saat-saat sulit seperti memilih posisi menyusui yang nyaman bagi sang buah hati. Walaupun sebenarnya setiap manusia memiliki naluri untuk menyusui anaknya tapi tidak ada salahnya Anda mencari ilmu sebagai pengetahuan tambahan. Berikut ini akan disampaikan 5 posisi menyusui bayi yang sangat direkomendasikan karena memberikan kesan nyaman kepada ibu dan bayinya.

4 Posisi Menyusui Bayi yang Sangat Direkomendasikan

Posisi Bersandar

Sejatinya posisi ini merupakan posisi yang paling umum dipilih oleh para ibu baru. Di samping posisi yang sangat mudah untuk dilakukan, posisi bersandar juga dapat memberikan rasa nyaman kepada sang ibu sehingga dapat menyusui bayi secara tenang dan rileks. Anda hanya perlu bersandar pada tempat atau dinding yang sudah diberi bantal sebagai sandarannya. Anda juga dapat melakukan posisi ini di sandaran sofa atau tempat lainnya asal memiliki tempat untuk bersandar. Sandarkanlah punggung Anda kemudian meletakkan bayi di atas perut secara perlahan.

Posisi Menimang Bayi (Cradle Hold)

Salah satu posisi menyusui bayi yang sangat mudah dilakukan adalah dengan posisi menimang. Bayi Anda akan berbaring secara nyaman diantara lengkungan lengan tangan. Seluruh bobot tubuh bayi akan bertumpu pada salah satu tangan Anda. Ketika Anda mengalami kesulitan dengan hal tersebut, Anda dapat menjadikan bantal sebagai alasnya agar posisi bayi tetap seimbang. Salah satu syarat agar dapat menyusui secara nyaman bagi sang ibu dan juga bayi adalah harus mencari tempat duduk yang aman dan nyaman.

Posisi Cross Cradle Hold

Posisi ini sebenarnya hampir sama dengan posisi menimang bayi, namun bedanya terdapat pada tangan yang menjadi tumpuannya. Jika pada posisi cradle hold apabila bayi menyusu payudara kiri maka tangan yang menjadi tumpuan adalah tangan kiri pula. Sedangkan pada posisi cross cradle hold jika bayi menyusu payudara kiri maka tangan yang digunakan sebagai tumpuan adalah tangan kanan. Hal ini bertujuan untuk mempermudah dalam mengontrol puting susu pada mulut bayi. Sebelum melakukan posisi ini carilah tempat duduk yang nyaman agar tidak mengganggu proses pemberian asupan kepada si kecil.

Baca juga: Arti Gigitan Bayi Saat Menyusui

Posisi Tidur Miring

Apabila Anda melakukan proses persalinan secara caesar maka sebaiknya melakukan posisi ini untuk menyusui bayi Anda. Anda dapat memposisikan diri dengan tidur miring sejajar dengan posisi bayi, lalu arahkan kepala bayi ke arah payudara Anda dengan posisi sedikit meringkuk. Posisi menyusui ini dapat dilakukan sebagai variasi apabila Anda lelah menyusui dengan posisi duduk. Selain itu dengan posisi tidur miring maka energi yang dikeluarkan cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan posisi menyusui dalam keadaan duduk. Semakin lama Anda akan semakin terbiasa dengan posisi ini dan dapat melakukannya di waktu malam tiba.

Be the first to comment on "4 Posisi Menyusui Bayi yang Sangat Direkomendasikan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*