4 Tips Cara Merawat Bayi

Memiliki bayi sehat dan lucu menjadi dambaan semua orang tua. Untuk itu sebagai orang tua sudah seharusnya menjaga kesehatan bayi. Mencari tahu dan menambah pengetahuan dari berbagai macam literasi mengenai dunia balita khususnya cara merawat bayi yang benar. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan orang tua agar bayinya sehat dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Jangan Tinggalkan Bayi Sendiri

Jangan pernah tinggalkan bayi seorang diri tanpa pengawasan dari orang dewasa.  Jika Anda harus melakukan beberapa hal cobalah minta tolong seseorang untuk mengawasinya. Jangan pernah meminta tolong anak di bawah umur  menjadi pengawas bayi. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya: anak kejatuhan benda, terguling dsb.

Jangan Sepelekan Kesehatannya

Sebagai orang tua kesehatan anak menjadi perioritas utama dibandingkan dengan apapun. Jadi jika bayi mulai terlihat memiliki gejala sakit, segera lakukan pencegahan agar sakitnya tidak parah. Cara merawat bayi yang tepat dan aman adalah salah satu kunci menjaga kesehatannya. Selain itu perhatikan dan pilih asupan makanan yang mengandung nutrisi dan gizi yang ia perlukan. Pantau dan perhatikan terus perkembangan dan pertumbuhan si kecil. Jika ada hal yang mengganjal misalnya jika pertumbuhannya sangat lambat sebaiknya periksakan ke dokter. Jika sakit jangan pernah berspekulasi dan menduga-duga.

Baca Juga: Jenis dan Harga Baby Walker

Jangan Abaikan Tangisan

Cara bayi berkomunikasi adalah melalui tangisan. Ia akan menangis jika badannya tidak nyaman atau jika ia lapar. Jika bayi menangis, gendong ia dengan pelan dan lembut. Lalu perhatikan baju dan tempat tidurnya, pastikan semuanya aman dan bersih. Beri ia ASI atau makanan tambahan, biasanya bayi menangis karena ia lapar.

Jika ibu sudah memberinya makan dan mengajaknya bermain, namun tangisnya tidak berhenti dan semakin menjadi jadi sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Jangan Pernah Menakut Nakuti

Saat melarang si kecil agar tidak melakukan sesuatu lakukan dengan cara yang lembut. Umumnya orang tua akan melakukan berbagai macam cara agar apa yang diperintahkan dituruti, seperti : mencubit, membentak  atau menakut-nakuti agar buah hati enggan melakukan hal yang dilarang.

Misalnya: “Makannya dihabiskan, nanti kalau tidak makan ditangkap polisi”, menakut-nakuti anak mungkin tidak memberikan dampak saat ia masih kecil, ia akan menurut apa yang ibu suruh misalnya ia akan menghabiskan makanan. Namun seiring berjalannya waktu akan belajar banyak hal, ada kemungkinan yang akan terjadi, misalnya: ia membayangkan polisi adalah sosok yang jahat atau ia menganggap tidak makan adalah perbuatan jahat. Bisa jadi pula anak berpikir apa yang ibunya katakan itu ternyata tidak benar, sehingga apa yang dikatakan untuk membuatnya menurut sudah tidak lagi dipercaya.

Demikian beberapa pembahasan yang perlu orang tua ketahui bagaimana cara merawat anak baik dari segi kesehatan maupun psikisnya. Masih banyak cara merawat bayi sesuai dengan kondisi dan situasi yang  bisa Anda dapatkan di pembahasan pada artikel yang lain. Semoga beberapa tips tersebut dapat bermanfaat dan selamat mencoba!

 

Be the first to comment on "4 Tips Cara Merawat Bayi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*