5 Cara Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi

5 Cara Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi

Jika anda memiliki anak kecil sudah tentu popok menjadi hal yang tidak bisa di pisahkan dari kehidupan bayi, sejak anak lahir sudah di pakaikan popok bayi.  Ada berbagai jenis popok yang di cuci maupun sekali pakai, namun ibu ibu muda zaman sekarang lebih cenderung menggunakan popok yang sekali pakai alias tanpa mencuci. Namun banyak juga seorang ibu yang tidak paham cara mengatasi ruam popok pada bayi.

5 Cara Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi

Penggunaan popok sekali pakai akan membuat kulit bayi terkena ruam,  ruam ini dapat berupa kulit bayi yang kemerahan atau kulit bersisik. Dan ruam ini dapat membuat bayi anda rewel dan akan susah untuk tidur. Anda sebagi orang tua tentunya akan merasa kasihan dan tidak tega terhadap kondisi anak anda, inilah beberapa cara mengatasi ruam popok pada bayi :

 

  • Cek popok bayi secara rutin

 

Pengecekan menjadi hal yang sangat penting  apakah popok bayi anda basah atau kotor, dan pastikan anda mencuci tangan terlebih dahulu sebelum anda mengganti popok bayi anda. Bersihkan area kulit yang tertutup popok dengan menyemprotkan air dari botol dan lap dengan handuk lembut.  Hindari penggunaan tisu basah karena mengandung alkohol dan pewangi. Ketika mandi gunakan sabun yang lembut dan tepuk tepuk bagian yang muncul ruamnya. Hindari pemakaian popok terus menerus.

Baca juga: Mengatasi Ruam Popok dengan Bahan Tradisional

 

  • Ganti popok secara rutin

 

Ketika ruam popok sudah muncul anda harus secara rutin mengganti popoknya minimal 3 jam sekali,  tetapi usahakn secepat mungkin di ganti jika popok sudah kelihatan kotor. Kulit yang lembab menyebabkan ruam akan menjadi iritasi . Cara memakaikan popok pada bayi usahakan jangan terlalu ketat, agar kulit bayi anda dapat bernafas dan ruam tidak menjadi parah. Pastikan kulit bayi anda kering terlebih dahulu sebelum di berikan popok baru. Popok sekali pakai dapat membantu kulit bayi anda tetap kering.

 

  • Berikan krim atau gel pada untuk bayi

 

Berikan krim yang mengandung gel atau zink untuk meredakan ruam kulit serta mencegah iritasi lainnya. Gel seperti Vaseline mungkin cocok untuk di aplikasikan selain kandungan parfumnya rendah harganya juga terjangkau.tipe gel ini juga tidak terlalu kuat sehingga aman untuk di gunakan.

 

  • Pilihlah popok yang sesuai

 

Memilih popok yangf sesuai dengan jenis kulit bayi anda akan mengurangi ruam pada bayi. Anda bisa mencoba ke popok lain atau mencoba popok sekali pakai dari merk yang berbeda. Jika popok yang di cuci coba gantilah detergen anda.

 

  • Pilihlah pakaian yang menyerap udara

 

Baju yang ketat akan membuat  area pantat bayi menjadi lembab, serta akan membuat bayi kepanasan. Apalagi dengan cuaca yang tidak menentu bahan yang menyerap keringat di butuhkan saat cuaca panas. Selain untuk menghindari ruam bayi anda juga akan merasa nyaman.

Demikian cara mengatasi ruam popok pada bayi. Seperti yang sudah di sebut di atas biarpun ruam tidak menimbulkan rasa nyeri dan  bisa sembuh tanpa perawatan dokter. Selamat mencoba.

Be the first to comment on "5 Cara Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*