5 Cara Mudah Mencegah Bayi Sungsang

Kehamilan tentunya menjadi sebuah anugerah yang sangat besar bagi seorang wanita, karena sudah dipercayai untuk mengandung seorang anak. Hanya saja ini juga menjadi masa yang paling rentan, karena tak semua kehamilan bisa berjalan dengan lancar. Banyak diantaranya wanita hamil yang mengalami keguguran di trimester pertama, bahkan juga ketika sudah memasuki usia kehamilan 8 bulan dan akan segera dilahirkan ke dunia. Selain itu resiko-resiko seperti halnya bayi terlahir dalam kondisi cacat hingga bayi sungsang juga sangat mungkin terjadi.

Itulah mengapa sangat penting menjaga kehamilan Anda. Sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan bayi tidak lahir secara normal, melainkan sungsang, sungsang merupakan sebuah kondisi dimana posisi bayi tidak berbalik, melainkan kepala ada di bagian atas sedangkan untuk tubuh ada di bagian bawah, sehingga ketika lahir juga jadi sulit, karena pantat akan keluar terlebih dahulu, bukan kepala bayi, sehingga banyak dokter yang akan menyarankan untuk operasi dibandingkan dengan kelahiran normal. Mengingat terlalu beresiko untuk bunda dan juga bayi.

Bayi sungsang bisa disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya adalah stress, kemudian juga nutrisi yang tak cukup hingga kurangnya olahraga. Untuk menghindari hal tersebut, kaka berikut ini cara mudah dalam mencegahnya, yaitu:

  1. Lakukan olahraga atau senang untuk ibu hamil, hamil bukan sebuah alasan Anda meninggalkan kebiasaan baik seperti olahraga, bagaimanapun olahraga ini penting untuk menjaga tubuh tetap sehat selama kehamilan, juga membuat kelahiran bisa berjalan secara normal. Beberapa jenis gerakan pada masa kehamilan tua juga efektif dalam memutar posisi bayi sehingga tidak sungsang ketika dilahirkan nantinya.
  2. Relaksasi hypnobriting, ini adalah salah satu ilmu dalam dunia kedokteran yang digunakan untuk mengajak bayi berkomunikasi dengan ibunya, semakin dekat maka akan terjalin sebuah hubungan batin yang tinggi. Nantinya dengan sendirinya bayi dalam kandungan bisa berubah posisinya. Komunikasi dengan bayi dalam kandungan ini bisa dilakukan setidaknya 2 kali sehari.
  3. Melakukan stimulasi dengan suara, memperdengarkan musik klasik pada buah hati, sehingga nantinya mereka mulai bergerak pada posisi yang normal. Caranya sangat mudah, yaitu dengan menyetel musik klasik dengan menggunakan earphone, kemudian dekatkan earphone tersebut ke bagian perut.
  4. Melakukan pijatan ringan caranya adalah dengan memberikan massage di beberapa area perut dengan menggunakan minyak zaitun, sebaiknya juga dilakukan dengan hati-hati sehingga tak membahayakan buah hati Anda.
  5. Acupressure, yaitu dengan menekan beberapa titik-titik tertentu pada tubuh bunda, seperti diantaranya adalah bagian telapak kaki yang efektif bisa merangsang pergerakan janin dalam kandungan.

Langkah-langkah tersebut sangat efektif digunakan untuk mencegah bayi sungsang, meskipun bisa ditolong dengan jalan operasi caesar, namun tentunya kelahiran normal menjadi harapan terbesar bagi setiap wanita bukan.

 

Be the first to comment on "5 Cara Mudah Mencegah Bayi Sungsang"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*