5 Hal Penting yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Melahirkan Bayi

5 Hal Penting yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Melahirkan Bayi

Saat usia kehamilan sudah masuk dalam trimester akhir, kondisi fisik ibu hamil biasanya akan berubah drastis. Terutama pada bagian perut yang terus membesar sering menimbulkan ketidaknyamanan tersendiri. Selain itu, pikiran tentang serangkaian proses persalinan saat melahirkan bayi terkadang juga menimbulkan rasa cemas dan sangat mengganggu kondisi mental ibu hamil. Berbagai persiapan fisik dan mental sebelum persalinan mempunyai peranan penting untuk menjaga kondisi ibu hamil supaya tetap stabil. Akan tetapi, jika semua persiapan persalinan sudah dipersiapkan sejak dini dengan tepat, maka hal tersebut bisa membuat Anda lebih tenang.

5 Hal Penting yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Melahirkan Bayi

Pada umumnya, persiapan yang paling awal yang dilakukan oleh para ibu hamil adalah latihan yang mendukung proses persalinan nantinya. Dibawah ini akan kita bahas bagaimana mempersiapkan diri saat akan menghadapi persalinan normal maupun caesar, yaitu:

  • Persalinan normal, ini adalah proses persalinan dimana ibu hamil akan melahirkan melalui jalan alami. Untuk dapat melakukan persalinan secara normal, para ibu hamil harus banyak melakukan persiapan mental, latihan yang bisa mendukung kekuatan fisik, ritme pernafasan yang baik dan latihan mengejan.
  • Persalinan caesar, sedangkan proses persalinan yang satu ini Anda akan melahirkan melalui jalan pembedahan (operasi) pada bagian perut atau rahim untuk dapat mengeluarkan atau melahirkan bayi. Persiapan yang perlu dilakukan jika ingin melakukan persalinan caesar adalah dengan berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda secara rutin.

Akan tetapi sebelum melakukan proses persalinan, ada baiknya Anda mengetahui 5 hal penting dibawah ini supaya persalinan Anda dapat berjalan lancar nantinya, antara lain:

  • Peralatan bunda dan bayi saat lahir.

Peralatan bunda dan bayi yang paling penting harus ada setelah melahirkan adalah pakaian bayi dan perlengkapan untuk memandikannya. Sedangkan perlengkapan untuk ibunya adalah seperti pembalut pasca melahirkan, bra dan baju khusus dengan kancing depan serta pompa asi.

  • Persiapan tempat persalinan.

Jauh-jauh hari sebelum usia kehamilan Anda memasuki 9 bulan, Anda sudah harus menentukan dimana tempat persalinan yang akan Anda pilih. Sebaiknya pilih yang lokasinya dekat dengan rumah Anda agar lebih aman.

  • Mengetahui tanda melahirkan.

Sebagai seorang ibu hamil, Anda juga harus mengetahui dan peka jika terjadi salah satu tanda melahirkan supaya bisa segera mendapatkan penanganan yang tepat.

  • Persiapan mental.

Anda perlu mencari tahu info sebanyak mungkin mengenai persalinan supaya mental Anda telah siap saat menghadapi proses persalinan.

  • Dukungan keluarga.

Hal penting terakhir yang harus ada adalah dukungan dari keluarga. Hal ini menjadi sangat penting karena keluarga adalah obat paling ampuh dalam menguatkan dan yang akan membantu Anda di masa-masa perjuangan saat melalui proses persalinan.

Baca juga Berbagai Hal yang Harus Dihindari untuk Mencegah Melahirkan Bayi Prematur

Itulah beberapa persiapan dan 5 hal penting yang perlu Anda ketahui menjalani proses persalinan atau melahirkan bayi Anda.

 

 

Be the first to comment on "5 Hal Penting yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Melahirkan Bayi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*