5 Jenis Penyakit Bayi Baru Lahir Ini Wajib Anda Waspadai

Pada waktu bayi baru dilahirkan sangat rentan terkena penyakit, hal ini karena kulitnya masih sangat tipis, sensitive dan organ di dalam tubuhnya masih dalam tahap perkembangan. Oleh sebab itu sebagai orang tua harus waspada dan hati-hati jangan sampai bayi Anda terserang penyakit. Ada 5 jenis penyakit bayi yang baru dilahirkan yang akan kita bahas dalam artikel ini.

Baca juga: Penyakit Bayi Baru Lahir

Penyakit Kuning

Bayi yang terkena penyakit kuning ciri-cirinya kulit dan matanya berwarna kuning, ia malas minum ASI. Biasanya penyakit ini menyerang bayi yang baru dilahirkan – satu bulan. Penyebabnya karena gangguan fungsi hati atau bisa juga karena kekurangan ASI. Biasanya penyakit ini akan hilang dalam waktu dua minggu. Namun alangkah baiknya memeriksakan bayi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut.

Pertolongan pertama penyakit ini adalah dengan memberikan ASI sesering mungkin dan menjemur buah hati pada waktu pagi hari selama15 menit saja. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan fungsi organ hati.

Penyakit Apnea

Apnea adalah salah satu penyakit bayi yang baru lahir yang harus diwasapadai. Penyakit Apnesia biasanya menyerang pernapasan secara tiba-tiba sehingga susah/ tidak bernapas selama beberapa detik. Biasanya yang terkena penyakit ini bayi yang lahir dengan kondisi premature. Tandanya adalah kulit di sekitar area mulut berubah biru karena kekurangan oksigen. Penyebabnya bisa karena dua hal, Pertama: karena saluran pernapasannya terhambat dan Kedua bisa karena proses pertumbuhan syaraf yang mengatur sistem pernapasan belum sempurna akibatnya membuat pernapasan bayi berhenti beberapa saat.

Eksim Susu

Pendapat sebagian orang, eksim susu disebabkan karena percikan ASI yang mengenai area di sekitar mulut. Namun ternyata penyebabnya bisa karena 3 faktor, seperti: orangtuanya menderita alergi, kulit kering dan cuaca yang panas dan berdebu. Akibatnya kulit bayi menjadi kasar dan kemerahan terutama bagian pipi. Kondisi ini membuat bayi merasa gatal sehingga tidak nyaman dan sering rewel.

Batuk Dan Pilek

Bayi yang baru lahir bisa terkena penyakit batuk dan pilek. Penyebabnya bisa karena virus atau bakteri. Bayi yang terkena penyakit ini memperlihatkan gejala mengeluarkan airan bening dari hidung dan biasanya disertai demam. Umumnya penyakit ini hanya menyerang bayi selama 2-3 hari. Namun, untuk pencegahan berilah vaksin flu saat bayi masuk usia 6 bulan.

Demikianlah 5 jenis penyakit bayi baru lahir yang harus diwaspadai. Kelima jenis penyakit tersebut menyerang bayi yang baru lahir karena daya tahan tubuhnya masih sangat lemah. Agar bisa ditangani lebih cepat, sebaiknya kenali seperti apa gejala-gejalanya dan cara mencegahnya. Jika sudah memperlihatkan gejalanya, segera periksakan ke dokter agar buah hati mendapatkan penganganan yang cepat dan tepat. Semoga artikel ini bermanfaat!

 

Be the first to comment on "5 Jenis Penyakit Bayi Baru Lahir Ini Wajib Anda Waspadai"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*