5 Jenis Peralatan Bayi yang Digunakan untuk Membuat Bayi Selalu Bersih dan Wangi

Bayi memiliki sistem organ yang belum sempurna sehingga apapun yang Anda berikan padanya haruslah memiliki keamanan yang tinggi agar tidak menimbulkan gangguan kesehatan. Ada kalanya bayi juga mengeluarkan keringat yang memiliki bau kurang sedap atau asam sehingga dibutuhkan peralatan bayi yang bisa menghilangkannya serta membantu bayi tetap bersih agar sehat. Peralatan yang bisa digunakan pastinya bukan peralatan sembarangan mengingat kulit bayi yang masih peka dan sensitif. Berikut ini adalah macam-macam peralatan yang bisa Anda andalkan untuk menghilangkan bau badan bayi yang aman dan memberikan manfaat kesehatan lainnya.

  • Sabun bayi.

Sabun bayi memiliki fungsi untuk membersihkan badan bayi termasuk menghilangkan keringat di tubuhnya. Dengan menggunakan sabun khusus bayi kelembaban kulit akan tetap terjamin dan tidak mengakibatkan kulit iritasi. Jangan gunakan sabun beraroma karena bisa saja bayi Anda memiliki alergi terhadap wewangian tertentu.

  • Minyak kayu putih.

Setelah bayi dimandikan, oleskan minyak kayu putih di bagian perut dan dada. Minyak kayu putih memiliki kegunaan untuk menjaga bayi tetap hangat. Selain itu minyak atsiri ini juga memiliki wewangian yang khas sehingga bisa diandalkan untuk menutup bau keringat bayi.

  • Bedak bayi.

Setelah menggunakan minyak kayu putih, taburi tubuh bayi menggunakan peralatan bayi berupa bedak bayi. Selain bagian badan dan punggung yang nampak, taburi juga bagian ketiak dan leher bayi. Lipatan paha dan lengan juga sebaiknya tak ketinggalan agar tidak membuat tempat-tempat tersebut mudah berkeringat.

  • Shampoo dan Minyak rambut.

Bagian rambut bayi juga perlu diperhatikan karena bukan hanya badan saja yang mengeluarkan keringat namun juga kepala. Cuci rambut bayi Anda secara berkala agar selalu bersih dan bebas minyak, kemudian pakaikan minyak rambut yang memiliki aroma wangi yang khas. Minyak rambut juga bisa sebagai minyak penghalus dan penumbuh rambut bayi jika bayi Anda memiliki rambut yang masih sedikit.

  • Pakaian bayi.

Cara mencuci pakaian bayi juga mempengaruhi bau badan bayi. Cucilah pakaian dengan detergen khusus yang memiliki softener atau pelembut. Dengan pelembut pakaian akan lebih halus dan wangi hingga bisa menutup bau keringat bayi.

Beberapa peralatan bayi di atas bisa Anda gunakan setiap hari untuk menjaga kondisi kulit bayi Anda serta menghilangkan bau keringat pada bayi yang terkadang asam. Selain dari peralatan, ada cara lain yang bisa dilakukan yaitu menjaga suhu lingkungan tempat bayi berada. Jika perlu gunakan pendingin ruangan agar bayi tak mudah berkeringat. Keringat berlebih pada bayi juga bisa mengakibatkan masalah kulit seperti biang keringat, ruam serta kulit kemerahan akibat gatal. Jangan lupa untuk hanya menggunakan peralatan yang khusus untuk bayi demi keamanan dan kenyamanan bayi Anda.

 

Be the first to comment on "5 Jenis Peralatan Bayi yang Digunakan untuk Membuat Bayi Selalu Bersih dan Wangi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*