5 Jenis Perlengkapan Bayi untuk Aktifitas Tidur yang Wajib Disiapkan Sedini Mungkin

Untuk menunggu kelahiran si kecil pastinya sudah ada banyak hal yang mulai Anda persiapkan bukan, sehingga ketika mereka sudah lahir nantinya tidak perlu kebingungan karena segala sesuatu yang dibutuhkan semuanya sudah tersedia. Persiapan yang dilakukan sebenarnya tidak terlalu sulit, hanya berkenaan dengan membeli perlengkapan bayi saja, mulai dari kebutuhan untuk mandi, hingga perlengkapan untuk tidur. Dua hal yang paling dibutuhkan oleh si kecil yang baru lahir nantinya.

Perlengkapan untuk tidur ini sendiri terbagi atas beberapa jenis, diantaranya adalah:

  1. Box bayi, membeli box untuk bayi sangatlah penting karena alat yang satu ini nantinya digunakan sebagai matras utama penempatan si kecil, hendaknya belilah yang berkualitas, terbuat dari kayu yang tahan lama dan juga memiliki sistem penyangga yang baik. Sehingga bisa lebih tahan lama. Produk yang satu ini juga banyak dijual di pasaran dengan harga cukup terjangkau.
  2. Kasur bayi, bukan hanya orang dewasa, bahkan seorang bayi juga harus tidur di atas kasur, namun ada beberapa kriteria penting dalam pemilihan kasur untuk buah hati ini, karena tidak semua yang nyaman cocok untuk mereka. Diantaranya adalah dari segi kelembutan, pilihlah yang tidak terlalu empuk, karena jenis yang satu ini ternyata sangat berbahaya bisa memicu beberapa sindrom untuk bayi baru lahir hingga bisa menyebabkan kematian. Pilih juga yang terbuat dari bahan khusus sehingga memiliki ketahanan terhadap air dan tidak mudah rusak.
  3. Matras tidur, perlengkapan bayi penting lainnya adalah matras atau tikar, umumnya setelah pemasangan kasur, maka tidak bisa langsung digunakan, melainkan harus dilapisi dengan sebuah matras terlebih dahulu, pilihannya juga sebuah matras yang memiliki ketahanan terhadap air atau waterproof, dengan tujuan untuk menjaga kenyamanan si kecil dan juga agar ketika mereka mengompol maka air seni tidak langsung merembes ke permukaan kasur, sehingga kasur juga tidak mudah rusak.
  4. Bantal, jenis bantal yang digunakan untuk bayi tidak boleh sembarangan, yaitu hanya bantal yang memiliki bentuk bagian tengah berlubang. Selain digunakan untuk menunjang tidur yang lebih nyenyak, maka jenis bantal tersebut juga difungsikan untuk mencegah terjadinya masalah tulang belakang si kecil.
  5. Guling, hendaknya gunakan 2 buah guling untuk menjaga sisi bagian kanan dan juga kiri, pilihlah guling yang seukuran dengan bantal, karena fungsinya hanya ditujukan sebagai pembatas saja.

5 jenis perlengkapan bayi untuk tidur tersebut wajib disiapkan jauh-jauh hari, sehingga setelah si kecil lahir maka siap untuk digunakan, jangan lupa beberapa sarana pelengkap layaknya kelambu dan juga selimut untuk menunjang kenyamanan dalam tidur, tidur si kecil akan jadi jauh lebih lelap dan nyaman.

 

Be the first to comment on "5 Jenis Perlengkapan Bayi untuk Aktifitas Tidur yang Wajib Disiapkan Sedini Mungkin"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*