5 Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui

5 Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui

Makanan sehat adalah makanan yang mengandung gizi seimbang serta kaya akan serat dan zat yang dibutuhkan untuk perkembangan tubuh setiap manusia. Jika kita konsumsi makanan yang tidak mengandung gizi maka artinya bahwa tubuh kita masih kekurangan zat dan makanan sehat.  Makanan sehat tidak hanya untuk semua kalangan yang membutuhkan namun makanan sehat juga sangat diperlukan untuk ibu menyusui.

5 Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui

Pada dasarnya ibu menyusui wajib mengkonsumsi makanan seperti buah,sayuran,makanan yang mengandung protein seperti daging, ayam serta yang mengandung karbohidrat komplek dan kalsium yang seimbang. Berikut ini  tips untuk ibu yang sedang menyusui makanan apa yang diperlukan untuk menunjang gizi yang seimbang :

  • Kacang merah

Kacang merah adalah salah satu makanan yang mengandung serat tinggi. Memang belum terlalu banyak dikonsumsi namun kacang merah sangat kaya akan gizi yang membangun kesehatan tubuh. kandungan yang terdapat dikacang merah sangat beragam seperti kandungan asam folat, kalsium, karbohidrat dan berprotein tinggi sehingga menjadikan kacang merah sangat diperlukan untuk tubuh.

  • Ikan salmon

Seperti yang telah kita ketahui ,ikan salmon sangat kaya akan kandungan asam lemak omega 3 dan mempunyai manfaat untuk perkembangan anak usia dini sampai masa tumbuh kembang. Dalam sebuah penelitian memang sangat sedikit orang yang tahu tentang pengaruh asupan minyak ikan yang terdapat dalam ikan salmon yang dapat mempengaruhi air susu ibu dan zat kekebalan tubuh yang ditularkan dari ibu ke bayi selama proses menyusui. Oleh sebab itu tidak ada salahnya mengkonsumsi ikan salmon selama proses menyusui untuk menunjang gizi pada ASI .

  • Kacang hijau

Kandungan yang terdapat didalam kacang hijau memang tidak asing didengar oleh masyarakat indonesia terutama akan kandungan gizi. Kacang hijau sendiri termasuk jenis kacang kacangan yang memiliki sumber protein yang sangat baik serta rendah lemah dan mengandung banyak serat. Selain protein dan serat, kacang hijau juga mengandung beragam nutrisi vitamin yang tentunya akan memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

  • Bayam

Sayur bayam memiliki berbagai macam vitamin dan mineral,yakni vitamin A, vitamin B, fosfor, kalium dan magnesium dan masih banyak lagi. Kandungan nutrisi yang melimpah ruah pada daun bayam memang tidak diragukan sebagai salah satu sayur favorit dimata masyarakat tidak hanya kandungannya. Selain itu bayam sendiri kaya akan asam folat yang  bermanfaat untuk mencerdaskan otak bayi. Kandungan nutrisi didalam bayam sangat cocok untuk produksi ASI ibu menyusui.

  • Daun katuk

Daun katuk muda dipercaya bisa menjaga produksi ASI,dikarenakan daun katuk sendiri mengandung banyak vitamin dan juga mineral. Senyawa berupa steroid dan polifenol,tak hayal daun katuk sendiri dipercaya dan banyak dikonsumsi oleh ibu menyusui untuk meningkatkan produksi ASI.

Baca juga artikel menarik lainnya di bayionline.net

Demikian penjelasan mengenai makanan sehat untuk ibu menyusui, tetaplah menjaga menu makan anda dengan cara tetap menjaga pola makan 4 sehat 5 sempurna.

Be the first to comment on "5 Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*