5 Manfaat Mengikuti Posyandu Bagi Masyarakat

5 Manfaat Mengikuti Posyandu Bagi Masyarakat

Bagi wanita yang sedang hamil dan juga setelah melahirkan umumnya ada beberapa kegiatan rutin yang wajib untuk selalu diikuti, yaitu Posyandu, tentunya tidak asing dengan nama yang satu ini bukan, sebuah rutinitas wajib yang diadakan oleh para ibu-ibu dan juga tenaga medis yang ada di sebuah desa untuk menimbang, memberikan penyuluhan sampai dengan memberikan beberapa macam jenis obat-obatan untuk wanita yang sedang hamil maupun anak kecil.

5 Manfaat Mengikuti Posyandu Bagi Masyarakat

Jangan disepelekan karena kegiatan Posyandu ini memberikan banyak sekali manfaat bagi masyarakat yang mengikutinya, diantaranya adalah:

  1. Mendapatkan gambaran bagaimana proses perawatan kehamilan dengan benar sampai dengan menghadapi persalinan nantinya. Kegiatan yang diikuti oleh para ibu hamil ini tidak sekedar mengumpulkan mereka menjadi satu dan juga mendatanya saja, melainkan juga digunakan untuk memberikan penyuluhan, secara lebih lanjut hal ini nantinya bisa memberikan informasi atau edukasi kepada mereka bagaimana cara perawatan kehamilan dengan tepat sampai dengan jelang persalinan.
  2. Untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan anak, rutinitas wajib yang nantinya akan dilakukan pada acara tersebut adalah menimbang sampai dengan mengukur tinggi anak, hal yang sering kali tidak pernah dilakukan sendiri di rumah, bisa bermanfaat di dalam memantau perkembangan dan pertumbuhan buah hati, apakah sudah normal atau tidak.
  3. Agar anak mendapatkan vaksin, sesuai dengan usia buah hati tersebut, maka nantinya di beberapa waktu atau masa akan diadakan proses vaksinasi, baik itu dalam bentuk suntikan ataupun dalam bentuk pemberian obat-obatan kepada mereka. Hal ini tentunya sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan juga mencegah buah hati terkena penyakit-penyakit berbahaya.
  4. Berbagi pengetahuan dan pengalaman terhadap ibu-ibu yang lainnya, dengan adanya kegiatan tersebut maka nantinya para ibu yang akan atau baru memiliki anak akan saling berkumpul untuk sharing pengalaman, mulai dari bagaimana cara memberikan asupan nutrisi yang baik kepada buah hati sampai dengan anjuran pengobatan ketika mereka tengah sakit. Ajang komunikasi yang baik untuk sesama ibu yang memiliki anak.
  5. Bisa digunakan untuk memantau kelainan pada buah hati, misalnya saja adalah berat badan si kecil yang terlalu besar melebihi batas normal, hal ini bisa jadi mereka memiliki resiko obesitas, tentunya sangat berbahaya bukan. Agar tidak semakin parah maka bisa dilakukan langkah pengobatan sedini mungkin agar tidak bertambah kian parah.

 Baca juga Simak Serba-serbi Posyandu yang Harus Anda Ketahui

 Banyak manfaat yang didapatkan dengan mengikuti Posyandu ini, jadi jangan sampai nantinya Anda melewatkan acara tersebut, karena biasanya acara tersebut juga akan diadakan seminggu sekali pada hari Minggu atau weekend, sehingga tidak ada alasan untuk tidak mengikutinya, apalagi kegiatan yang satu ini juga gratis alias tidak dipungut biaya sama sekali.

 

Be the first to comment on "5 Manfaat Mengikuti Posyandu Bagi Masyarakat"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*