5 Tips Merawat Bayi dengan Benar Bagi Bunda

Bagi Bunda dan Ayah yang baru saja mempunyai momongan, selamat ya Anda telah menjadi Ayah dan Bunda baru. Namun, apakah Anda masih kebingungan dalam merawat bayi Anda? Tentu saja menjadi orang tua baru tidak mudah, di masa transisi ini Anda harus belajar cara mengurus anak. Tenang saja Ada tips merawat bayi bagi Ayah dan Bunda.

 

Kali ini kami akan membahas mengenai merawat bayi, dari mengganti popok, memandikan bayi, menggendong dengan benar, memberikan ASI dan memijat bayi. Yang pertama mari kita membahas cara mengganti popok bayi:

 

  1. Sebelum memulai penggantian popok bayi, anda perlu mempersiapkan bahan-bahan sebagai berikut. Tisu basah, popok bersih, krim ruam, baju ganti.
  2. Mari kita mulai. Pertama-tama baringkan bayi diatas permukaan yang rata dan lembut.
  3. Melepaskan popok bekas bayi dengan melepas perekat yang menempel.
  4. Bersihkan kelamin dengan tisu basah bayi yang higienis dan bebas alcohol.
  5. Letakkan popok bersih di pantat bayi dan kemudian rekatkan perekat popok tersebut.
  6. Pastikan popok tidak terlalu longgar dan ketat.

 

Setelah kita mengetahui cara mengganti popok mari kita membicarakan mengenai bagaimana cara memandikan bayi dengan benar:

 

  1. Persiapkan bak untuk memandikan bayi, handuk lembut dan pakaian bersih.
  2. Isi bak mandi bayi dengan air hangat, pastikan air tidak terlalu panas juga tidak terlalu dingin.
  3. Letakkan bayi pada bak yang telah diisi air hangat tersebut.
  4. Gunakan sabun dan shampoo secukupnya dan setelah itu bilas sampai benar-benar bersih. Gunakan sabun dan shampoo yang memiliki kandungan yang tidak pedih dimata.
  5. Setelah bersih, keringkan bayi dengan handuk secara perlahan dan lembut.
  6. Kenakan pakaian bersih.

Baca Juga: Bikin Anak Anda Geli dengan Hebatnya Teether Bayi

Nah sekarang mari kita bahas tips merawat bayi yaitu cara menggendong bayi dengan benar sehingga bayi aman dan nyaman. Ketika Anda menggendong bayi yang baru lahir, tentunya perlu meletakan bayi dengan posisi kepala bayi tegak dan berada di atas bahu Anda sehingga memiliki sandaran. Gunakan tangan kanan untuk menopang pantat nya dan tangan kiri menopang punggungnya.

 

Yang keempat adalah tips bagaimana Bunda menyusui buah hati dengan benar kepada bayi: dengan posisi bayi digendong menghadap dada, sementara leher dan punggung bayi diletakan pada bagian bawah payudara dan Bunda menggunakan tangan untuk membantu memegang payudara kearah mulut bayi. Posisi lainnya adalah dengan membuat bayi melingkar diantara lengan dan dada, lengan bawah menyangga bayi dan tangan satunya membantu mengarahkan payudara ke mulut buah hati.

 

Dan yang terakhir adalah cara memijat bayi dengan benar, dalam memijat bayi perlu berhati-hati karena kesalahan sedikit saja dapat membahayakan si bayi. Berikut cara-cara Pemijatan bayi dengan tepat:

 

  1. Pijat bagian kepala. Pijat lah dahi tepat diatas alis secara melintang dengan lembut. Pijat dengan ibu jari secara perlahan dari dalam sisi ke luar.
  2. Pijat bagian dada dengan mengurut dada bayi dari atas kebawah kemudian dilanjutkan membuat bentuk melingkar dibagian dada kiri dan kanan.
  3. Pijat punggung, lakukan dengan menelungkupkan bayi kemudian pijat lengkungan tulang belakang bayi dengan perlahan, lembut dan berikan sedikit tekanan dari atas ke arah bawah.
  4. Pijat lengan atas dimulai dari bahu lengan atas dengan gerakan memutar seperti memutar dan kemudian turun meremas di bagian bawah.

 

Itulah 5 tips merawat bayi bagi Ayah dan Bunda yang masih belajar, semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda dalam merawat si buah hati.

Be the first to comment on "5 Tips Merawat Bayi dengan Benar Bagi Bunda"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*