Home General 6 Hal yang Harus Bunda Perhatikan Ketika akan Membeli Sepeda Anak

6 Hal yang Harus Bunda Perhatikan Ketika akan Membeli Sepeda Anak

by Erin Nuzulia

Bersepeda merupakan salah satu aktivitas yang dapat meningkatkan kemampuan motorik, kesehatan, konsentrasi, serta keberanian anak. Selain itu, bersepeda juga dapat menjadi sarana transportasi bagi sang buah hati ketika ingin pergi ke suatu tempat atau hanya sekedar berjalan-jalan. Maka tak heran jika hampir semua orang tua tertarik untuk membelikan sepeda anak untuk si kecil.

Berbagai jenis, merek, dan harga sepeda anak tersedia di pasaran. Bunda berencana membelikan sepeda untuk si kecil dan bingung saat memilih? Berikut 6 hal yang perlu Bunda perhatikan untuk membeli sepeda anak.

Usia anak

Jenis sepeda yang akan Bunda pilih sangat tergantung dari usia anak Bunda. Jika usia anak Bunda 1-2 tahun, Bunda dapat memili sepeda anak jenis roda tiga yang dilengkapi dengan dorongan. Sepeda roda tiga (tricycle) jenis ini memungkinkan si kecil mengendarai sepeda dengan aman dan nyaman serta memungkinkan bunda membantu si kecil mendorong sepedanya dari belakang apabila si kecil belum mampu mengayuh.

Jika usia anak 3-4 tahun, Bunda dapat memilih sepeda roda tiga tanpa dorongan. Jenis sepeda ini serupa dengan jenis yang telah disebutkan sebelumnya hanya saja jenis ini tidak dilengkapi dengan dorongan. Di usianya yang ke-3 atau ke-4, si kecil akan lebih nyaman menggunakan sepeda ini karena si kecil sudah mampu mengayuh pedal dengan baik.

Jika usia anak di atas 4 tahun, Bunda dapat memilih sepeda roda empat. Sepeda jenis ini cenderung lebih awet karena memiliki rangka yang kokoh. Sepeda jenis ini juga fleksibel karena dapat dirubah menjadi sepeda jenis roda 2 jika anak Bunda sudah semakin lancar bersepeda.

Model dan ukuran tubuh anak

Sebaiknya Bunda mengajak anak saat Bunda akan membelikannya sepeda. Biarkan ia memilih model yang sesuai dengan keinginannya agar ia merasa senang dan nyaman ketika menggunakannya. Biarkan ia mencoba calon sepedanya juga agar sesuai dengan ukurannya. Pastikan panjang kakinya sesuai dengan sepeda yang ia pilih agar ia nyaman saat mengayuh pedal dan agar lututnya tidak terkena stang ketika mengayuh sepeda.

Baca Juga:   Merasakan Gejala Tipes Berikut Ini? Yuk Segera Cek Dokter!

Rem sepeda

Untuk mengetahui kondisi rem sepeda masih baik atau tidak, Bunda cukup memutar ban sepeda, lalu tekan remnya. Apabila ban sepeda langsung berhenti, maka kondisi  rem tersebut masih baik. Rem merupakan salah satu komponen penting yang harus Bunda cek saat akan membeli sepeda anak. Bunda juga harus cek secara berkala rem sepeda anak Bunda karena sangat berkaitan dengan keselamatan anak Bunda. Kampas rem akan menipis seiring dengan digunakannya rem. Jangan sampai rem sepeda anak Bunda blong atau kurang baik.

Pelek sepeda

Pelek erat kaitannya dengan fungsi rem. Rem akan mencengkram pelek saat ditekan. Oleh karena itu, pelek yang baik adalah pelek yang akan dicengkram oleh ampas rem dengan kuat walaupun dalam kondisi basah. Selain itu, bahan peleknya juga penting untuk Bunda amati. Velg berbahan alumunium merupakan pelek yang awet dan bagus.

Rangka sepeda

Pastikan rangka sepeda yang Bunda akan beli, kuat, kokoh, lurus, dan tidak terlalu berat karena akan berdampak pada kenyamanan si kecil dalam bersepeda. Untuk memastikan rangkas sepeda anak lurus, Bunda hanya perlu memastikan ban depan dan belakangnya sejajar atau lurus. Sepeda dengan rangka yang tidak lurus dan bobot yang terlalu berat akan menyebabkan ketidakseimbangan anak dalam bersepeda.

Pelindung rantai sepeda

Pastikan sepeda anak yang akan Bunda pilih memiliki pelindung rantai yang baik dan tertutup dengan rapi agar tidak mengotori celana si kecil atau membuat kaki si kecil tersangkut di rantai.

Itulah 6 hal yang harus Bunda perhatikan saat akan membeli sepeda untuk anak. Jangan sampai salah membeli karena akan bedampak pada kenyamanan dan keselamatan anak saat bersepeda. Bunda malas keluar rumah? Bunda dapat membelinya di toko online yang jual sepeda anak. Selamat memilih, Bunda.

Baca Juga:   Merasakan Gejala Tipes Berikut Ini? Yuk Segera Cek Dokter!

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More