Agar Bayi Cerdas Sejak Masih Di Dalam Kandungan

Melatih kecerdasan bayi bisa dimulai sejak bayi masih di dalam kandungan. Perkembangan bayi di dalam kandungan merupakan waktu yang luar biasa karna sel membelah, tumbuh dan melakukan diferensiasi dengan cepat. Sekarang banyak cara agar bayi cerdas saat masih di dalam perut ibu.

Salah satu faktor yang mempengaruhi kecerdasan bayi saat di dalam kandungan adalah makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh  ibu. Pemenuhan gizi yang seimbang dan kebutuhan nutrisi untuk janin dan ibu harus tercukupi.  Untuk lebih jelasnya berikut ini cara agar bayi cerdas sejak dalam kandungan.

Hindari Lingkungan Berbahaya

Lingkungan yang berbahaya disini adalah lingkungan yang banyak zat kimia, radiasi karena berpeluang terkena penyakit infektif. Hindari jalanan yang macet dan penuh polusi. Riset membuktikan zat-zat kimia yang berbahaya bisa mencemari plasenta.

Rajin Olahraga Dan Makan Makanan Yang Sehat

Walaupun hamil, jangan sampai meninggalkan olahraga. Olahraga juga bisa membantu perkembangan otak janin dan membuat tubuh ibu sehat bugar. Sebaiknya pilih olahraga yang ringan, seperti: jalan kaki, renang atau jalan-jalan kecil. Barengi pula dengan mengkonsumsi makaanan yang bergizi dan bervitamin. Selain itu barengi dengan diet seimbang, hal ini membantu ibu mencapai berat yang optimal selama proses kehamilan.

Hindari Mengkonsumsi Obat-Obatan

Saat hamil, hindari mengkonsumsi obat-obatan karena obat-obatan mengandung kimia yang berbahaya bagi pertumbuhan otak bayi di dalam kandungan. Jika ibu sakit sebaiknya periksa ke dokter agar mendapatkan obat yang tidak berbahaya. Namun sebaiknya hindari obat-obatan, kecuali memang dibutuhkan.

Hindari Minum Alkohol

Mengkonsumsi alkohol saat hamil bisa mengakibatkan kerusakan pada otak janin atau disebut dengan istilah foetal alcohol sindrom. Alkohol juga terbukti dapat menembus plasenta, artinya ikut dikonsumsi oleh janin.

Jangan Merokok

Hindari merokok baik aktif maupun pasif. Merokok dan asapnya sangat berbahaya untuk janin. Karena dapat membatasi aliran darah menuju ke otak janin yang sedang dalam proses perkembangan. Jauh-jauh dari para perokok aktif, karena walaupun tidak merokok asap yang masuk ke dalam pernapasan ibu hamil bisa berbahaya.

Konsumsi Asam Folat

Jika kekurangan asam folat atau Vit B9 bisa mengakibatkan penyakit bawaan, hiperatif atau masalah pertumbuhan lainnya. Untuk memenuhi kebutuhan asam folat bisa mengkonsumsi makanan seperti: sayuran berwarna hijau, jus jeruk dan gandum.

Konsumsi Suplemen Ikan

Kalsium sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan omega-3 sangat penting untuk pertumbuhan otak janin. Ibu bisa mengkonsumsi suplemen ikan salmon yang memiliki kandungan omega-3 yang tinggi. Konsumsi saat trimester akhir, saat itu otak janin sedang berkembang pesat.

Hindari Stress

Ibu hamil yang stress bisa melemahkan sistem imun janin, tentu saja hal ini dapat mengganggu proses perkembangan otak janin. Kurangi pekerjaan yang dapat memicu sress. Saat hamil isi hari dengan aktivitas yang menyenangkan, seperti mendengarkan musik, mengerjakan hobi yang aman.

Demikian informasi mengenai cara agar bayi cerdas sejak di dalam kandungan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Be the first to comment on "Agar Bayi Cerdas Sejak Masih Di Dalam Kandungan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*