Agar Tak Keteteran, Terapkan 4 Tips Ini untuk Merawat Bayi Kembar Anda

Agar Tak Keteteran, Terapkan 4 Tips Ini untuk Merawat Bayi Kembar Anda

Kelucuan yang ditampilkan oleh bayi kembar di luar sana menghipnotis pasangan manapun untuk juga memilikinya. Padahal kalau boleh jujur memiliki anak kembar tentu lebih merepotkan ketimbang memiliki satu saja anak yang lahir dari rahim ibu. Anak kembar ini akan lahir dan tumbuh berbarengan sehingga ibu maupun ayah mesti meluangkan lebih banyak tenaga, waktu, dan pikiran untuk memberi apa yang dibutuhkan mereka. Kerepotan ini ternyata bisa membuat setiap pasangan mengalami depresi sehingga mesti mempersiapkan diri jauh-jauh hari sebelum persalinan.

 Agar Tak Keteteran, Terapkan 4 Tips Ini untuk Merawat Bayi Kembar Anda

Agar Tak Keteteran Mengasuh Anak Kembar

Teknologi kedokteran sudah canggih sejak awal kehamilan Anda sudah tahu akan memiliki anak kembar, maka persiapkan beberapa hal berikut agar tidak keteteran saat mengasuh mereka:

  •  Bergabung dalam komunitas,

Memiliki anak kembar tentu membuat Anda super sibuk dan kadang bisa kewalahan, agar bisa meringankan beban Anda. Cobalah bergabung dalam sebuah komunitas atau grup di media sosial yang menampung para orangtua dengan anak kembar. Berbagai cerita dari member di dalamnya bisa memberi semangat dan inspirasi agar mengasuh anak kembar dengan baik dan sabar.

  • Tak ada salahnya meminta bantuan,

Bagi orangtua perdana memang akan sangat awam dalam urusan mengasuh bayi sehingga kerepotan saat mengasuh bayi kembar akan semakin terasa. Agar tidak merasa stress dan tertekan baiknya tidak ragu ataupun malu untuk meminta bantuan. Bantuan ini bisa dari orang luar seperti baby sitter bisa pula dari tetangga atau saudara sendiri untuk membantu mengasuh buah hati. Sehingga Anda tidak terlalu lelah mengurus anak sekaligus rumah setiap harinya.

  • Sediakan selalu botol susu di dekat Anda,

Berhubung Anda melahirkan bayi lebih dari satu maka tak akan memungkinkan bisa menyusui semuanya. Bisa namun secara bergantian, namun bagaimana jika semua bayi Anda minta disusui dalam waktu bersamaan? Maka penting bagi orangtua menyediakan botol susu atau dot untuk memberikan ASI atau susu formula sesuai kebutuhan si kecil. Letakkan di dekat Anda botol susu tersebut sehingga sewaktu si kecil menangis karena lapar bisa langsung diberikan, tinggal menghangatkan stock ASI atau membuat larutan susu formula.

 Baca juga artikel menarik lainnya di bayionline.net

  • Tak harus memakaikan baju yang sama,

Salah satu kebiasaan orangtua yang memiliki anak kembar adalah selalu memberikan barang yang sama sejak lahir. Mulai dari baju, tempat tidur, dan lain sebagainya sehingga dari jauh orang sekitar sudah tahu Anda punya anak kembar. Namun kebiasaan ini tentu terasa ribet sehingga tak perlu merasa wajib melakukannya. Point terpenting adalah memastikan si kecil memakai baju yang nyaman dan aman bagi kesehatannya. Asalkan model bajunya khas anak-anak dijamin bayi kembar Anda sudah nampak lucu dan menggemaskan.

 

Be the first to comment on "Agar Tak Keteteran, Terapkan 4 Tips Ini untuk Merawat Bayi Kembar Anda"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*