Anda Hamil Muda, Perlu Simak Tips Ini

Anda Hamil Muda, Perlu Simak Tips Ini

Hamil muda memang butuh perhatian yang ekstra. Akan banyak orang disekitar anda yang akan merekomendasikan hal-hal yang harus dilakukan dan yang harus dihindari saat kehamilan ini. Namun sebenarnya apa saja sih hal yang boleh dilakukan saat hamil muda ? dan hal apa saja yang harus dihindari atau tidak boleh dilakukan saat hamil  usia muda ini ? yuk mari kita simak ulasan berikut ini !

Anda Hamil Muda, Perlu Simak Tips Ini

Hal yang boleh dilakukan saai ibu hamil muda :

  • Penuhi kebutuhan gizi

Untuk menunjang tumbuh kembang janin anda ada harus memenuhi gizi penting yang dibutuhkan seperti asam folat, zat besi, kalsium, serat dan seng.  Ada baiknya anda memenuhi kebutuhan asam folat sebesat 600 mikrogram pada semester pertama. Asam folat ini sangat penting ntuk awal pembentukan otak dan sumsum tulang belakang janin. Selain asam folat, anda juga harus memenuhi kebutuhan kalsium sebanyak 1200 mg, untuk pembentukan tulang dan gigi pada anak. Zat besi juga harus tercukupi yaitu sebesar 30 mg perhari agar anda terhindar dari anemia.  Anda juga butuh makanan berserat agar terhindar dari sembelit.

  • Rutin ke dokter

Sebaiknya anda rutin memeriksakan kesehatan anda ke dokter. Dokter akan memberikan berbagai suplemen yang diperlukan. Hal ini untuk menunjang petumbuhan dan perkembangan janin anda.

  • Istirahat yang lebih banyak

Perubahan hormon akan membuat anda lebih susah tidur, padahal, ibu hamil butuh tidur lebih banyak. Sebaiknya anda tidur malam 7-9 jam. Jika siang merasa ngantuk sebaiknya tidur dan menghentikan aktivitas.

  • Anda bisa tetap berhubungan seks

Beberapa orang takut melakukan seks pada saat hamil, padahal sebenarnya tidak masalah melakukan seks saat hamil dengan syarat kehamilan anda tidak mengalami masalah.

  • Anda tetap boleh pergi berlibur

Jika anda mengalami sedikit stress karena kehamilan ini. Ada baiknya anda liburan, agar hati dan pikiran anda lebih fresh.  Namun jika usia kehamilan anda sudah memasuki trisemester 3 ada baiknya anda di rumah saja dan menyiapkan keperluan melahirkan.

Hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat ibu hamil muda :

  1. Jangan makan makanan mentah, terutama daging dan telur mentah, karena bisa menyebabkan bayi cacat atau keguguran. Hal ini karena bakteri atau kuman yang menempel dan belum mati.
  2. Jangan merokok dan minum beralkohol, karena dapat mengakibatkan bayi lahir dengan berat badan yang rendah, dan dampaknya bisa pada perkembangan bayi di masa selanjutnya.
  3. Jangan minum kopi terlalu banyak, karena akan meningkatkan resiko kesehatan bayi anda, karena jika  kita minum kopi maka akan mengalir kedalam aliran darah bayi melalui plasenta.
  4. Jangan minum obat tanpa rekomendasi dokter, karena usia hamil yang masih muda  masih sangat rentan terhadap sesuatu yang masuk ke tubuh. Sebaiknya konsultasikan ke dokter  segala macam obat yang ingin digunakan.
  5. Jangan minum susu yang tidak dipasteurisasi. Hal ini karena susu yang belum dipasteurisasi atau susu mentah bisa mengandung sejumlah bakteri, yang dapat menyebabkan penyakit dan keguguran.
  6. Jangan maka ikan yang mengandung merkuri, karena merkuri juga bahaya untuk kesehatan janin.

Baca juga: Cara Efektif Menjaga Ibu Hamil Muda Agar Tetap Sehat

Nah itu dia hal-hal yang boleh dan tidak jika anda sedang hamil muda. Semoga bermanfaat !

Be the first to comment on "Anda Hamil Muda, Perlu Simak Tips Ini"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*