Aneka Macam Makanan Bayi Bergizi

Aneka Macam Makanan Bayi Bergizi

Untuk memilih asupan makanan bayi tidaklah sulit, cukup mengetahui usia bayi untuk menyesuaikan asupan yang sehat dan sesuai untuk bayi tersebut. Pada masa bayi harus ada asupan makanan yang sesuai dengan usianya agar pertumbuhan bayi dapat dioptimalkan. Makanan bayi yang wajib yaitu ASI, selain ASI bayi juga memerlukan makanan pendamping yang sesuai dengan pencernaannya.

Aneka Macam Makanan Bayi Bergizi

Setelah bayi menginjak usia 6 bulan, dibutuhkan jenis makanan bayi pendamping  ASI terbaik untuk bayi karena diusia 6 bulan bayi memerlukan asupan yang mengandung gizi dan nutrisi yang cukup bagi perkembangan tubuhnya. Untuk memperkenalkan makanan pendamping ASI maka dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya memperkenalkan berbagai macam aneka sayuran, buah-buahan, protein, karbohidrat maupun lemak sehat.

Ada banyak makanan sehat pendamping ASI untuk bayi yang perlu dicoba diberikan kepada bayi, yaitu :

 

  • Alpukat

 

Buah alpukat memiliki kandungan vitamin A dan C, serta zat besi yang akan menambah nilai gizi pada makanan bayi anda. Buah ini mempunyai tekstur yang lembut yang dapat membantu bayi anda mengenal buah yang memiliki nilai gizi yang cukup tinggi. Cara membuatnya cukup mudah, anda dapat menghancurkan atau menghaluskan daging alpukat menggunakan sendok atau blender hingga teksturnya mudah diterima oleh bayi.

  • Kentang

Kentang merupakan sayuran yang mengandung karbohidrat yang seringkali menjadi pengganti nasi. Kentang mempunyai kandungan gizi, gizi yang terdapat didalamnya yaitu zat besi, vitamin dan protein dan pottasium yang sesuai dibutuhkan oleh bayi anda. Cara memasaknya sangat mudah, yaitu dengan memasak kentang menggunakan microwave kemudian potong dan lembutkan hingga tekstur dapat dimakan oleh bayi.

  • Pisang

Buah pisang mengandung potassium, asam folat, biotin dan selenium yang dibutuhkan oleh perkembangan bayi. Buah ini mudah mudah dilumatkan sehingga sangat mudah untuk disajikan untuk bayi anda. Untuk memilih jenis pisang yang baik, pilihlah jenis pisang yang manis dan pisang yang sudah matang sempurna.

  • Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang dapat memenuhi gizi serat, kalsium dan folat. Sayuran yang berwana hijau ini dapat dengan mudah dikenalkan pada bayi. Mengenalkan sayuran pada bayi yang baru saja diberikan makanan pendamping ASI lebih baik, karena sayuran brokoli ini memiliki rasa yang tawar sehingga bayi yang sudah terbiasa mengonsumsi sayuran akan lebih mudah menerima buah, daripada bayi yang diperkenalkan buah terlebih dahulu.

  • Yogurt

Yogurt dapat diperkenalkan pada bayi, namun dengan porsi yang sesuai untuk bayi anda. Lebih baik pilihlah yogurt yang tawar dan rendah gula, boleh juga menambahkan rasa pada yogurt dengan memambahkan buah-buahan yang alami. Yogurt mempunyai kandungan karbohidrat, protein, lemak dan memliki tekstur yang lembut.

Baca juga artikel menarik lainnya di bayionline.net

Dari 5 jenis makanan bayi tersebut, masih banyak makanan pendamping ASI untuk bayi. Salah satunya yaitu bubur bayi yang terbuat dari sayuran maupun buah-buah yang sehat dan alami. Semoga bermanfaat untuk perkembangan dan pertumbuhan bayi anda.

Be the first to comment on "Aneka Macam Makanan Bayi Bergizi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*