Apakah Harga Baby Walker Sebanding dengan Kemanannya?

Setelah menunggu kelahiran si bayi, salah satu hal yang membahagiakan para orang tua adalah masa ketika mengasuh si bayi. Banyak hal-hal baru yang dilakukan si bayi yang menjadi kebahagiaan tersendiri bagi para orang tua. Tidak jarang, si bayi memberikan kejutan-kejutan kecil, misalnya melakukan sebuah gerakan tertentu untuk pertama kalinya, hingga belajar berbicara. Rasanya, momen-momen penting tersebut akan sangat sayang untuk dilewatkan. Apalagi jika si bayi semakin tumbuh dan mulai bisa merangkak, para orang tua cenderung tidak sabar untuk menunggu agar anaknya segera mulai bisa berjalan. Tidak jarang, para orang tua sedikit memaksa anaknya agar lebih cepat bisa berjalan dengan memanfaatkan perlengkapan. Salah satu peralalatan bayi yang sering dimanfaatkan orang tua ketika ingin membiasakan bayinya untuk belajar berjalan adalah baby walker. Baby walker merupakan alat bantu berjalan bayi yang difasilitasi dengan dudukan dan bertumpu pada roda. Selain praktis, harga baby walker yang relatif murah juga menjadi alasan mengapa alat yang satu ini dijadikan pilihan oleh para orang tua.

Akan tetapi, apakah harga baby walker yang relatif murah tersebut sebanding dengan keamanannya?

Hampir mayoritas ahli kesehatan mengatakan bahwa sebenarnya baby walker tidak aman diberikan pada bayi, terutama bayi yang belum bisa tegap berjalan, atau baru belajar merangkak. Struktur tulang bayi yang belum sempurna dan belum kuat, sangat rentan jika harus dipaksa berdiri kemudian berjalan dengan baby walker. Baby walker yang didesain dengan tempat duduk rendah akan membuat bayi secara naluriah akan menggerakkan kakinya. Roda pada baby walker akan membuat bayi bisa berpindah-pindah. Bayi yang cenderung suka dengan hal-hal baru akan bergerak lebih jauh untuk menggapai tempat-tempat yang bagi mereka masih asing. Semakin jauh bayi melangkah, maka akan semakin berbahaya bagi struktur tulangnya.

Selain bagian kaki yang belum kokoh, kebanyakan baby walker didesain untuk didorong oleh bayi, sehingga tenaga untuk menggerakkan alat yang satu ini tergantung pada tenaga bayi, mulai dari dorongan tangan hingga langkah kaki. Bayi dengan tenaga yang terbatas, dengan tulang-tulangnya yang belum kuat, akan sangat rentan jika dipaksa mendorong baby walker. Apalagi, bobot atau berat kebanyakan baby walker hampir setara atau bahkan lebih berat dari bobot si bayi sendiri.

Baca juga: Tips Memilih Baby Walker dan Harga Baby Walker yang Aman

Meskipun sebagian besar ahli kesehatan mengatakan bahwa baby walker tidak aman digunakan, namun masih banyak orang tua yang menggunakan perlengkapan bayi yang satu ini, terutama untuk menenangkan bayi ketika rewel dan sering digunakan untuk menina bobokan bayi. Jika ada orang tua yang memang harus menggunakan baby walker, pilihlah baby walker dengan dudukan yang lembut, yang diproduksi dari bahan yang ringan namun kokoh, dan tidak ada satupun bagian yang menonjol, tajam, atau berbentuk siku yang dapat membahayakan bayi. Ketika memilih baby walker, hendaknya orang tua lebih mengabaikan harga baby walker tersebut dengan lebih mempertimbangkan faktor keamanan dan kenyamanan, sebab meski tidak disarankan, baby walker tetap bermanfaat dalam membantu orang tua dalam menjaga bayinya.

Be the first to comment on "Apakah Harga Baby Walker Sebanding dengan Kemanannya?"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*