Arti Gigitan Bayi Saat Menyusui

ASI merupakan satu-satunya makanan terbaik bayi yang membantu proses pertumbuhan dan perkembangan fisik dan otaknya menjadi lebih maksimal. Itu sebabnya banyak ibu yang berjuang agar buah hatinya mendapatkan ASI. Saat bulan pertama ibu biasanya harus berjuang agar ASI dapat keluar dengan lancar, kemudian seiring waktu gigi mungil bayi tumbuh dan saat itu ibu harus menahan sakit gigitan bayi saat menyusui.

Baca juga: Jenis-jenis Gigitan Bayi yang Bagus dan Aman

Namun demi buah hatinya, banyak ibu yang tidak peduli dan menahan rasa sakitnya. Namun, ada juga ibu yang akhirnya memilih memompa ASI karena tidak tahan dengan sakit akibat gigitan bayi. Ada cara mengatasi gigitan saat bayi menyusui. Ingin tahu seperti apa? Simak ulasannya berikut ini namun sebaiknya ketahui terlebih dulu apa penyebab bayi menggigit putting ibu.

Penyebab Bayi Menggigit Putting Saat Menyusui

Bayi memiliki cara unik dalam berkomunikasi, karena ia belum bisa bicara semua hal ia komunikasikan dengan cara menangis, menghentakkan tubuhnya, tertawa dan termasuk menggigit putting ibunya saat menyusui. Ada beberapa kemungkinan mengapa bayi menggigit putting ibu, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Karena linu akibat akan tumbuh gigi

Saat tumbuh gigi, bayi akan merasakan linu dan gatar di sekitar gusinya. Ia senang menggigit benda yang dipegangnya. Biasanya hal ini terjadi saat bayi memasuki usia 6 bulan. Untuk mengurangi linu dan gatal, ia akan menyalurkannya melalui gigitan. Jika demikian, ibu bisa mengalihkan dengan memberikan teether khusus untuk bayi.

  • Ingin bercanda

Bayi menyusui tidak selalu karena lapar atau ingin tidur.. Biasanya ia akan bercanda dan memperhatikan wajah ibunya. Saat-saat seperti ini ibu bisa membalas candaannya dan bayi akan menggigit putting sambil tertawa lucu.

  • Sedang protes

Saat ibu menyusui, kadang perhatian tidak selalu ke bayi. Misalnya, ibu melakukan aktivitas lain, seperti: nonton televisi, main handphone, baca buku atau mengobrol. Melihat ibunya tidak memperhatikannya kadang ia akan melakukan protes dengan cara menggigit putting sebagai salah satu cara meminta perhatian. Jika demikian, beri bayi Anda tatapan yang lembut dan belai rambutnya, selipkan jari tangan Anda ke telapak tangannya agar ia bisa menggenggam. Berikan sentuhan halus untuk sebuah ikatan emosional yang kuat.

Cara Menghentikan Bayi Menggigit Putting

Dengan mengetahui apa yang menjadi penyebab bayi menggigit putting ibu, dapat dengan mudah mencegah dan mengalihkan atau memberikan pengertian kepada bayi Anda. Namun, pastikan juga posisi tubuh ibu dan bayi saat menyusui sudah benar dan nyaman.

Jangan pernah berteriak saat bayi menggigit putting karena bisa membuat bayi terkejut dan menangis. Beri sentuhan dan ucapan yang lembut untuk menghentikan gigitan bayi. Semoga artikel ini bermanfaat!

Be the first to comment on "Arti Gigitan Bayi Saat Menyusui"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*