Asupan Vitamin Bayi Untuk Tumbuh Kembangnya

Asupan Vitamin Bayi Untuk Tumbuh Kembangnya

Semua orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya, termasuk ingin anaknya menjadi anak yang sehat dam pintar. Kadang ada beberapa orang tua yang teralu cemas maka memberikan vitamin untuk anaknya. Sebenarnya vitamin bayi yang baik itu seperti apa? berikut kita simak ulasan berikut ini :

Asupan Vitamin Bayi Untuk Tumbuh Kembangnya

Agar vitamin dalam tubuh anak bisa tercukupi, ibu bisa mendapatkan  vitamin melalui makanan / nutrisi, seperti vitamin D, kalsium, serat dan protein.  Selain berasal dari makanan, vitamin juga bisa didapatkan dari dokter seperti suplemen.

Vitamin bayi untuk tumbuh kembang anak bisa didapatkan dari makanan seperti :

  • Protein Nabati dan Protein Hewani

Protein merupkan zat pembangun. Protein nabati bisa didapatkan dari makanan seperti alpukat, kacang polong,jamur, brokoli dan tahu atau tempe. Sedangkan protein hewani terdapat pada daging ayam, ikan dan daging sapi.  Selain berdampak pada tubuh anak, protein ini juga berpengaruh pada kecerdasan anak.

  • vitamin D dan kalsium

Vitamin D dan kalsium ini bisa didapatkan dari makanan. Kalsium dan makanan sangat baik untuk pertumbuhan dan kekuatan dari tulang anak.  Vitamin ini bisa didapat melalui susu, karena susu adalah minuman kaya akan vitamin D dan kalsium. Kuning telur juga terdapat vitamin . Telur juga kaya akan lemak dan protein.  Vitamin D dan kalsium yang paling praktis bisa didapatkan dari sinar matahari langsung.

  • Vitamin C

Vitamin C berperan melindungi  infeksi serta menyembuhkan luka dan membangun pertumbuhan dan untuk menguatkan otat dan tulang.

  • Vitamin E

Vitamin E mampu melindungi sel dari kerusakan dan memperkuat sistem imun atau sistem kekebalan tubuh.

  • Vitamin B kompleks

  • Vitamin B1 yang dapat membantu mengubah makanan menjadi energi
  • Vitamin B2 dapat melindungi sel dari kerusakan dan membantu mengubah makan menjadi energi
  • Vitamin B3 membantu mengubah makanan menjadi lemak dan membantu penggunaan protein dan energi
  • Vitamin B6 berperan dalam menjaga kesehatan otak dan sistem imun atau kekebalan tubuh
  • Vitamin B12 berperan mempertahankan sel-sel saraf dan menjaga darah agar tetap sehat serta menbuat DNA yang merupakan materi genetik di setiap sel.
  • Vitamin A

Vitamin A bertugas untuk menjaga kesehatan mata, kulit, rambut dan sistem kekebalan tubuh.

Yang perlu ibu ketahui, apabila ibu ingin memberikan vitamin bayi, ada baiknya ibu berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu. Jika akan membeli vitamin di apotek ada baik nya konsultasi dengan apoteker dan dokter terlebih dahulu.

Baca juga: Pemberian Vitamin Bayi Secara Rutin Harus Sesuai Anjuran Dokter

Jika terlalu banyak asupan vitamin juga dapat berbahaya. Berikan vitamin sesuai dosis, yang ada pada label kemasan.  Harap berhati-hati jika ingin memberikan 2 macam vitamin pada bayi sekaligus. Semoga informasi ini bermanfaat.

Be the first to comment on "Asupan Vitamin Bayi Untuk Tumbuh Kembangnya"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*