Tidak Memiliki Cukup Waktu ke Dokter, Atasi Perut Kembung dengan Cara Alami Ini!

cara mengatasi perut kembung

Cuaca yang cenderung tidak pasti dan pola makan yang berubah-ubah, bisa menjadi penyebab awali terjadinya kembung pada perut. Jika sudah terjadi, perut akan terasa tidak nyaman, begah, dan mengganggu aktivitas. Oleh karena itu, mari ketahui cara mengatasi perut kembung secara alami, tanpa perlu ke dokter.

Ketahui Apa yang Dimaksud Perut Kembung

Perut kembung adalah salah satu gangguan pencernaan yang menyebabkan penderita tidak nyaman. Ketika kembung perut akan terasa penuh, kencang, dan bergas. Selain itu, perut juga akan terlihat membesar. Umumnya, keluhan ini terjadi baik pada orang dewasa maupun anak-anak.

Perut kembung terjadi ketika terdapat gas yang berlebihan pada saluran pencernaan, yaitu lambung dan usus. Gas (flatus) dihasilkan oleh lambung dan usus akibat proses pencernaan makanan menjadi energi. Secara normal orang akan membuang gas limbah yang dihasilkan melalui kentut. Patokan normal membuang gas (kentut) dalam sehari, yaitu antara 6—20 kali.

Gejala yang Umumnya Dirasakan Penderita Perut Kembung

Beberapa gejala yang dapat dikenali oleh penderita perut kembung, yaitu sensasi penuh, sesak, atau pembengkakan pada bagian perut. Kemudian, rasa nyeri dan penuh gas pada perut. Lalu, bisa juga rasa sakit yang muncul dan menyebabkan kram perut. Selanjutnya, frekuensi bersendawa menjadi lebih sering. Selain itu, juga perut terasa bergejolak. Hal yang paling umum adalah frekuensi buang angin (kentut) yang berlebihan, seperti yang telah disinggung sebelumnya.

Cara Mengatasi Perut Kembung

Nah, setelah memastikan bahwa derita yang kamu alami adalah perut kembung, berikut adalah cara untuk mengatasi perut kembung yang bisa kamu lakukan secara mandiri.

Yuk, Buat Wedang Jahe

Jahe merupakan salah satu rempah yang sangat digemari orang Eropa pada masanya. Salah satu fungsi jahe adalah menghangatkan tubuh, tentunya sangat cocok untuk wilayah yang memiliki musim dingin, ya. Jahe memiliki kandungan bahan aktif, yaitu gingerol dan shogaols yang bermanfaat untuk mengurangi, bahkan mengatasi masalah peradangan di usus.

Cara mengatasi perut kembung dengan jahe adalah dengan membuatnya menjadi wedang atau minuman. Wedang jahe bisa kita temukan di penjual keliling atau warung tenda malam hari. Kamu juga bisa membuatnya sendiri. Caranya, rebus jahe (ambil sekitar 3 ruas) dengan 1 gelas air besar. Tunggu hingga mendidih, tambahkan gula secukupnya untuk memberi rasa manis (lebih nikmat dengan gula merah). Nah, wedang jahe siap dinikmati. Minumlah selagi masih hangat.

Hindari Minuman Bersoda

Salah satu penyebab perut menjadi kembung adalah terlalu banyak mengonsumsi minuman bersoda. Seringkali untuk meningkatkan kesegaran tubuh saat beraktivitas atau saat cuaca panas, pilihan yang sering dilakukan adalah minum-minuman bersoda.

Sensasi segar dan nikmat dari soda, ternyata meningkatkan produksi gas di dalam perut. Minuman soda atau minuman berkarbonasi memiliki kandungan gas yang cukup banyak. Ketika gas berlebihan berada di lambung akan mengakibatkan sendawa. Jadi, sendawa akibat minuman hasil karbonasi bukanlah sendawa yang sehat atau semestinya, melainkan sendawa akibat banyaknya gas dalam perut.

Buatlah Jus Jeruk

Nah, daripada minum soda, jauh lebih baik untuk mengonsumsi jus jeruk. Ini adalah pilihan menyegarkan dan menyehatkan yang bisa menyembuhkan perut kembung. Dengan mengonsumsi jeruk yang kaya akan vitamin C, kekebalan tubuh akan meningkat dan mengatasi masalah masuk angin pada perut.

Namun, ada beberapa hal yang penting pula untuk diperhatikan saat minum jus jeruk untuk mengobati perut kembung, yaitu hindari menggabungkannya dengan karbohidrat, seperti roti, pasta, atau kentang. Hal itu karena enzim yang diperlukan untuk mencerna makanan-makanan tersebut dihancurkan oleh asam. Dengan kata lain, makanan tersebut menjadi sulit dicerna. Alhasil, justru perut bertambah kembung.

Itulah beberapa cara alami yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi perut kembung. Jangan tunggu sampai merasa tidak nyaman, ya. Sembuhkan perut kembung dengan cara alami di atas.

Be the first to comment on "Tidak Memiliki Cukup Waktu ke Dokter, Atasi Perut Kembung dengan Cara Alami Ini!"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*