Awas, Jangan Membeli Baju Bayi Sembarangan

Awas, Jangan Membeli Baju Bayi Sembarangan

Baju merupakan kebutuhan primer bagi kehidupan sehari-hari. Selain berfungsi untuk melindungi diri dari sengatan matahari, juga berfungsi sebagai trend masa kini. Pemilihan baju yang tepat bisa didasarkan pada model dan bahan yang dipakai. Jika pada orang dewasa tak banyak masalah dalam pemilihan baju, maka lain halnya bagi bayi dan anak-anak. Hal utama dalam pemilihan baju bayi harus didasarkan pada bahan yang digunakan sehingga memberikan kenyamanan saat dipakai dan aman bagi kesehatannya.

Menurut dokter spesialis anak yakni Dr. Rini Sekartini Sp.AK mengatakan bahwa bayi yang baru lahir memiliki jenis kulit yang sangat tipis sehingga baju bayi yang digunakan harus benar-benar diperhatikan khususnya pada bahannya. Hal ini dikarenakan, jika tidak diperhatikan dengan hati-hati akan menyebabkan iritasi pada kulit bayi. 

Awas, Jangan Membeli Baju Bayi Sembarangan

Dr. Rini juga menyatakan bahwa terdapat 2 faktor utama yang harus diperhatikan dalam pemilihan baju bayi, yaitu aman dan nyaman. Aman berarti tidak akan mengganggu kesehatan bayi. Dan nyaman berarti bahan dan model yang digunakan tidak membuat bayi rewel.

Tips Pemilihan Baju yang Aman dan Nyaman

Anda harus memperhatikan dengan cermat dan teliti dalam pemilihan baju bayi yang akan dibeli, diantaranya yaitu:

  • Belilah baju secukupnya, hindari pembelian jumlah banyak di awal

Bagi ibu yang akan melahirkan sangat disarankan untuk membeli baju secukupnya saja. Terkadang banyak yang membeli diluar kebutuhan karena tergiur dengan model yang lucu. Belilah baju dengan warna yang netral sehingga bisa digunakan untuk jenis kelamin laki-laki maupun perempuan.

  • Harus praktis dan ekonomis

Sebagai ibu yang pintar dan cerdas, Anda harus dapat berpikir praktis dan ekonomis dengan membeli pakaian yang sesuai kebutuhan dan kenyamanan bayi. Hindari pembelian baju yang bermerek dengan harga mahal karena pertumbuhan bayi akan sangat cepat sehingga banyak baju baju yang hanya digunakan dalam waktu yang sebentar.

  • Pilihlah sesuai ukuran

Sebaiknya pilihlah baju yang ukurannya 1 tingkat diatas ukuran sebenarnya karena bayi akan cepat tumbuh dan berkembang.

  • Memberikan rasa nyaman untuk bayi

Jangan hanya asal membeli baju untuk bayi Anda tanpa memperhatikan bahan yang digunakan. Pastikan untuk memilih bahan baju yang nyaman untuk bayi seperti bahan katun. Selain itu pilihlah model baju bayi dengan potongan yang normal sehingga mudah untuk dipakai maupun dilepas.

Baca juga Tips Memilih Baju Bayi yang Baik dan Nyaman Digunakan

  • Perawatan yang mudah

Dari bahan yang digunakan pada baju anak dapat menentukan seberapa mudah baju tersebut dirawat. Sebagian besar baju yang berbahan katun akan sangat mudah dirawat. Maka, hindarilah baju yang berbahan tulle atau baju bermodel gaun karena tergolong sulit dalam perawatan dan mungkin tidak memberikan rasa nyaman pada bayi.

 

Be the first to comment on "Awas, Jangan Membeli Baju Bayi Sembarangan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*