Baby Spa, Perawatan Bayi Masa Kini

Baby Spa, hal ini tentunya sudah tak asing lagi bagi para ibu modern yang mengikuti perkembangan zaman. Ya, baby spa adalah salah satu jenis perawatan bayi yang kini sedang menjadi tren.

Spa sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu Solus Per Aqua yang memiliki arti melakukan perawatan tubuh menggunakan media air. Saat ini di banyak tempat, khususnya di kota-kota besar sudah banyak orang tua yang memanfaatkan baby spa untuk perawatan bayi.

Kegiatan baby spa ini biasanya dilakukan dengan memandikan bayi menggunakan air hangat kemudian dilanjutkan dengan pemijatan tubuh bayi. Baby spa ini sudah bisa dilakukan pada bayi sejak si kecil berumur 1 bulan. Apabila di tempat baby spa, kegiatan ini biasanya diawasi oleh fisioterapis untuk menghindari terjadinya cedera dan hal –hal yang tidak diinginkan pada anak. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh bayi yang menjalani baby spa:

  1. Nafsu Makan Bertambah

Bayi yang menjalani baby spa akan memiliki sistem pencernaan yang lancar, hal ini akan dapat meningkatkan nafsu makan pada anak.

  1. Peredaran Darah Bayi Menjadi Lancar

Saat meletakkan anak di air untuk spa, bayi akan melakukan gerakan-gerakan alami yang akan menghindarkannya dari stress, sehingga bayi pun akan selalu bisa tampil ceria dan peredaran darahnya lancar serta bisa meningkatkan kesehatan jantung.

  1. Daya Tanggap Bayi Meningkat

Saat menjalani baby spa, bayi akan mendapatkan rangsangan positif lewat benda-benda yang dilihat serta disentuhnya. Hal ini akan membuat bayi semakin tanggap dan kreatifitasnya pun meningkat. Gerakan motorik pada bayi juga akan berkembang lebih cepat, dan kondisi ini membuat bayi semakin cerdas, mandiri, dan kuat.

  1. Tidur Bayi Lebih Berkualitas

Aktifitas baby spa juga bisa membuat bayi tidak pegal-pegal, jaringan ototnya akan terstimulasi dengan baik sehingga lebih lentur. Hal ini akan membuat bayi lebih mudah tertidur serta tidak rewel.

  1. Bayi Lebih Rileks

Pijatan pada tubuh bayi saat baby spa akan membuat hormon endorfin serta oksitosin pada bayi akan terlepas. Hal ini akan membuat tubuh bayi menjadi rileks serta nyaman.

Baca juga: Cara Merawat Bayi yang Terkena Ruam Popok

  1. Sistem Pernafasan Bayi Lebih Baik

Baby spa juga akan melancarkan sistem pernafasan pada bayi sehingga kerja paru-parunya akan menjadi lancar.

  1. Kadar Hormogen Adrenalin Menurun

Baby spa dapat menurunkan hormogen adrenalin yang bisa menyebabkan stress berlebih pada bayi sehingga bayi pun lebih rileks, tenang, dan nyaman.

  1. Bayi Lebih Aktif Bergerak

Baby spa juga membuat gerakan bayi lebih aktif sehingga membuat si kecil lebih cepat belajar merangkak serta berjalan.

Baby spa memang salah satu cara tepat perawatan bayi, lakukan baby spa secara teratur agar bayi semakin sehat serta membuat bayi lebih aktif dan ceria serta terhindar dari beragam penyakit.

Be the first to comment on "Baby Spa, Perawatan Bayi Masa Kini"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*