Bahan Makanan Bayi Terbaik untuk MPASI

Bayi usia di atas 6 bulan sudah mulai memerlukan makanan yang lebih beragam untuk mempersiapkan sistem pencernaannya dalam mencerna makanan normal. Meski begitu, jenis makanan yang bisa diberikan pada tahap awal MPASI juga perlu diperhatikan agar bayi terhindar dari masalah pencernaan misalnya tersedak, diare atau bahkan konstipasi dan alergi. Ada beberapa bahan makanan yang memiliki kandungan gizi baik untuk bayi dan bisa diolah sebagai MPASI dengan tekstur yang lembut. Apa saja bahan makanan bayi tersebut? Berikut ini beberapa contohnya dan cara pengolahannya.

  • Nasi merah dan nasi putih.

Nasi merupakan bahan makanan yang baik untuk mulai diberikan pada bayi usia 6 bulan keatas. Nasi banyak mengandung karbohidrat dan merupakan makanan pokok yang nantinya akan sering dikonsumsi bayi. Mengenalkan bayi pada nasi bisa dengan cara membuat bubur nasi atau nasi tim. Pemilihan beras merah lebih dianjurkan karena banyak mengandung nutrisi dan serat serta lebih tinggi kandungan proteinnya yang sangat dibutuhkan oleh bayi dan anak-anak.

  • Buah-buahan.

Buah-buahan juga sangat baik untuk memenuhi kebutuhan multivitamin pada bayi. Namun tak semua buah bisa diberikan dalam jumlah yang besar sekaligus karena bayi yang pastinya belum terbiasa bisa kaget kemudian mengalami diare. Buah yang relatif aman untuk makanan bayi sehari-hari adalah buah pisang, alpukat dan pepaya dalam jumlah sedikit. Sedangkan untuk buah-buahan lainnya seperti apel, jeruk atau kiwi bisa diberikan sebagai air buah dengan cara diperas airnya. Namun jangan tambahkan gula karena bisa mengakibatkan pertumbuhan gigi bayi terganggu.

  • Hati ayam.

Hati ayam terutama ayam kampung banyak mengandung zat besi yang diperlukan untuk metabolisme tubuh bayi. Rebus hati ayam dan campurkan dengan nasi tim untuk memberikan sarapan bayi yang bergizi.

  • Sayur-mayur.

Sayur-mayur juga merupakan sumber mineral yang lengkap untuk bayi terutama sayur bayam yang banyak mengandung zinc untuk pembentukan sel darah. Anda bisa memblender sayur bersamaan dengan nasi merah atau nasi putih untuk disajikan bersama dengan lauk seperti rebusan hati ayam atau kaldu daging.

Selain bahan makanan bayi yang baik, ada juga bahan makanan yang sebaiknya tidak diberikan di tahap awal MPASI. Bahan makanan yang termasuk di dalamnya adalah ikan, udang serta bahan lain yang memiliki resiko alergi tinggi. Bayi diharapkan sudah memiliki sistem pencernaan yang stabil terlebih dahulu sebelum mengkonsumsinya sehingga tidak menimbulkan resiko alergi di kemudian hari. Sistem pencernaan yang lebih stabil untuk mengatasi hal tersebut biasanya mulai terbentuk saat bayi berusia 9 bulan atau lebih. Selain ikan laut, kacang-kacangan juga sebaiknya diberikan setelah bayi menginjak usia 11 bulan untuk menghindari resiko alergi.

 

Be the first to comment on "Bahan Makanan Bayi Terbaik untuk MPASI"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*