Bahan Mpasi Jenis Bubur Sebagai Makanan Terbaik Untuk Bayi

Ada banyak sumber yang bisa Anda dapatkan mengenai daftar makanan sehat yang dianjurkan untuk bayi. Tapi tidak sedikit ibu yang masih kebingungan memilih jenis makanan tambahan apa yang aman untuk buah hatinya. Dalam artikel ini kita akan membahas bahan mpasi  bubur atau pure yang bisa dijadikan makanan tambahan yang sehat dan aman untuk buah hati.

Bubur susu

Bubur susu sangat disarankan diberikan pada bayi. Selain rasanya yang lezat, tekstur bubur lebih halus dan lembut. Untuk awal pemberian sebaiknya bubur dibuat encer agar lidahnya bisa beradaptasi dengan baik. Susu yang digunakan bisa ASI atau susu formula.

Cara membuatnya sangat mudah, yaitu: Siapkan bahan-bahanya seperti: tepung beras satu sendok makan, susu formula atau ASI 200 ml.  Setelah bahan-bahan siap campurkan tepung dengan susu, aduk hingga merata dan teksturnya lembut. Kekentalan bubur bisa disesuaikan dengan keinginan Anda.

Lalu masak campuran bahan tersebut di atas api kecil. Masak hingga mendidih dan merata hingga campuran menjadi kental. Jika tepung terlalu menggumpal caranya bisa disaring terlebih dahulu dan jika terlalu kental bisa menambahkan susu atau ASI.

Bubur Susu Kentang

Bahan mpasi yang kedua yang bisa Anda jadikan pilihan adalah kentang. Bubur susu kentang bisa divariasikan dengan tambahan bahan alami lainnya. Tujuannya agar bayi tidak bosan.  Cara membuatnya cukup mudah yaitu:

Pertama-tama siapkan 50 gram kentang yang sudah dikupas, dibersihkan dan dipotong kecil-kecil. Kemudian kentang dikukus hingga teksturnya lembut. Setelah matang haluskan kentang lalu campur dengan susu formula atau ASI. Campurkan hingga rata. Sama halnya dengan bubur susu, jika bubur kentang mengental maka bisa disaring terlebih dahulu.

Baca Juga: Tips Mpasi Dengan Bahan Alami Buah-Buahan yang Bisa Anda Olah Sendiri

Bubur sayur-sayuran

Kandungan yang terdapat di sayuran memberikan manfaat yang besar bagi tumbuh kembang bayi. Selain berguna untuk menjaga kondisi kesehatan, sayur juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan. Itu sebabnya bubur sayur sangat direkomendasikan diberikan sebagai makanan tambahan pada bayi usia 6 bulan.

Cara membuatnya terbilang sama mudahnya seperti membuat bubur susu ataupun bubur kentang. Pertama-tama siapkan jenis sayuran yang akan digunakan sebagai bahan makanan. Misalnya brokoli yang sudah dibersihkan, dipotong-potong. Setelah dikukus haluskan brokoli dengan menggunakan blender.

Kemudian campurkan dengan susu formula atau ASI, campur hingga rata. Selain brokoli Anda bisa menggunakan sayuran jenis lain, seperti bayam, kangkung, wortel, tomat ,atau sayuran lainnya yang direkomendasikan untuk bayi.

Campuran untuk mengencerkan mpasi bahan sayuran bisa menggunakan air kaldu atau air rebusan. Tapi, jangan gunakan air sisa bekas mengolah bayam, bit atau wortel karena beresiko mengandung zat senyawa nitrat.

Demikian pembahasan mengenai bubur yang bisa Anda coba sebagai bahan mpasi bayi. Kelebihan membuat makanan sendiri adalah Anda dapat memilih bahan makanan yang segar dan dengan leluasa mengontrol dan memberikan makanan yang bervariasi. Selamat mencoba!!

Be the first to comment on "Bahan Mpasi Jenis Bubur Sebagai Makanan Terbaik Untuk Bayi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*