Bahaya Memberikan Makanan Bayi Dibawah 6 Bulan

Bahaya Memberikan Makanan Bayi Dibawah 6 Bulan

Makanan bayi harus dipikirkan dan diberikan dengan tepat karena akan memberikan hal fatal apabila memberikan makanan yang tidak sesuai. Seperti misalnya bagi orangtua yang ingin memberikan makanan untuk bayinya maka harus memperhatikan umur yang tepat untuk mendapatkan jenis makanan yang sesuai. Salah satunya adalah makanan yang akan diberikan untuk bayi dengan usia di bawah 6 bulan. Dimana untuk bayi usia tersebut biasanya masih mendapatkan ASI eksklusif dari ibunya dan belum mendapatkan MPASI. Sehingga tidak diberikan makanan tambahan lainnya seperti sayuran, buah, atau bahkan air putih. Dimana apabila tetap dilakukan hal tersebut justru akan berbahaya dan membuat kesehatan anak terganggu. Misalnya saja beberapa bahaya dari memberikan makanan untuk bayi dengan umur di bawah 6 bulan adalah: 

Bahaya Memberikan Makanan Bayi Dibawah 6 Bulan

  • Menyebabkan perut kembung dan masuk angin

Masalah pertama dari memberikan bayi dengan tidak tetap dan tidak sesuai dengan usianya adalah dapat untuk membayarkan untuk perutnya. Dimana bayi bisa mengalami perut kembung karena diberikan makanan yang salah. Terutama untuk anak yang berusia kurang dari 6 bulan dan mempunyai sistem pencernaan yang belum kuat nantinya akan tidak bisa untuk mencerna makanan yang diberikan. Sehingga menyebabkan perut bayi mengalami kembung dan juga masuk angin. 

  • Menyebabkan sembelit dan diare

Bahaya memberikan makanan bayi lainnya untuk bayi yang belum bisa mencerna makanannya dengan baik adalah karena dapat untuk memberikan anak sembelit dan diare. Jaringan usus bayi belum mampu untuk mengeluarkan protein dari makanan yang di cernanya. Sehingga hal tersebut akan membuatnya mengalami diare dan tidak bisa untuk menghancurkan makanan yang dikonsumsi. Atau juga bisa untuk menyebabkan anak mengalami diare karena diberikan makanan yang belum kuat dan juga bisa terjadinya kontaminasi bakteri yang lewat pada pencernaan dan juga dari makanan yang tidak steril. 

  • Menyebabkan alergi makanan

Dan masalah lainnya yang akan diderita oleh anak karena memang belum bisa untuk mencerna makanannya dengan pencernaan yang kurang kuat adalah bisa mengakibatkan alergi makanan. Pada bayi biasanya mempunyai tubuh yang tidak bisa untuk menerima zat makanan tertentu terutama untuk bayi di bawah 6 bulan. Sehingga makanan tersebut akan menimbulkan reaksi alergi seperti munculnya ruam-ruam kemerahan pada kulit bayi. 

Baca juga: Inilah Daftar Lengkap Makanan Bayi Usia 6 Bulan yang Paling Bergizi

  • Membuat bayi sulit tidur

Dan bahaya makanan bayi yang tidak tepat diberikan untuk bayi di bawah 6 bulan yang terakhir adalah dapat untuk menyebabkan bayi sulit tidur. Dimana tidak bisanya pencernaan bayi mencerna makanan yang diberikan maka akan membuatnya perut tidak enak. Sehingga hal tersebut juga akan berakibat pada gangguan tidur yang dialami bayi. Dan yang hal terakhir yang bisa terjadi bayi juga bisa mengalami demam karena terlukanya pencernaan diberikan makanan yang belum bisa dicerna tersebut.

 

 

Be the first to comment on "Bahaya Memberikan Makanan Bayi Dibawah 6 Bulan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*