Bantu Pertumbuhan Bayi dengan Sedia ASI Eksklusif

ASI merupakan sumber makanan yang mempunyai nilai gizi tinggi. Kandungan gizi pada ASI sudah tidak dipertanyakan lagi. Menurut penelitian, ASI menjadi peran penting untuk pertumbuhan bayi. Dengan gizi yang bagus membuat si kecil memiliki sistem imun yang tinggi. Sehingga dapat mempengaruhi gerak dan proses pertumbuhan pada bayi Anda.

ASI mengandung komposisi protein, mineral, vitamin, lemak, gula, dan laktosa yang tinggi. Protein yang terkandung pada ASI berfungsi sebagai zat pembangun tubuh dan zat antibody. Sehingga bayi terlindung dari bakteri, jamur, virus, dan parasit lainnya. Lemak yang tinggi membuat bayi selalu cepat kenyang. Mineral seperti kalsium yang terkandung dalam ASI adalah komponen penting untuk mempercepat masa pertumbuhan pada bayi. Sedangkan laktosa dapat membantu perkembangan sel otak pada si kecil.

ASI dapat bermanfaat bagi bayi dan ibunya. Berikut ini adalah manfaat ASI bagi si bayi, antara lain:

  1. sebagai zat antibody.
  2. sebagai penghasil hormon penenang untuk bayi yang sedang rewel.
  3. membantu perkembangan sel otak.
  4. meningkatkan hubungan antara ibu dan anak.

Sedangkan manfaat ASI untuk ibu, antara lain:

  1. menurunkan berat badan.
  2. menghemat pengeluaran.
  3. tidak tercampur dengan bahan kimia, jadi tidak perlu khawatir.
  4. hormon oksitosinnya meningkatkan perasaan tenang saat dekat dengan bayi.
  5. terhindar dari osteoporosis, kanker rahim, dan kanker payudara.

Baca Juga: Merawat Perlengkapan Bayi Jenis Baju dengan Aman dan Mudah, Berikut Kiatnya!

Memberikan ASI kepada si kecil membuat kita merasa dekat sekali dengannya. Saat bayi merasa lapar, dia memberikan isyarat, misalnya menghisap jemari, mencari putting ibunya, atau mengecap kan mulut dan lidahnya. Saat dia menangis pun menjadi tanda bahwa dirinya sedang lapar. Hal-hal seperti inilah yang membuat tali cinta kasih antara ibu dan si buah hati semakin erat.

ASI eksklusif biasanya diberikan bayi sampai umur 6 bulan. Pemberian ASI memang mempengaruhi pertumbuhan bayi. Bayi akan merasa lebih kenyang walaupun hanya minum air berwarna putih itu. Bagi ibu ASI eksklusif harus diberikan sampai bayi berusia 2 tahun. Di samping itu, bayi juga harus dikenalkan dengan makanan baru, seperti jus buah, sayur, atau bubur tim.

Bagi ibu yang sibuk bekerja, masih bisa memberikan ASI dengan memerah dan menyimpan ASI. Berikut adalah cara memerah dan menyimpan ASI yang benar:

  • menyiapkan perlengkapan menyusui seperti pompa ASI elektrik, dan botol penampung ASI yang sudah di steril kan.
  • memerah ASI secara bergantian dari payudara sebelah kanan kemudian dilanjutkan payudara sebelah kiri.
  • menyimpan ASI di botol khusus kemudian menyimpannya di dalam lemari es.
  • memberi label waktu untuk mencegah kadaluarsa.
  • memberikan ASI yang sudah diperah ke bayi menggunakan sendok, pipet, atau cup feeder.
  • ASI yang sudah beku bisa diberikan selama belum kadaluarsa. Caranya memanaskan adalah dengan merendam botol ASI ke dalam air hangat.

Bagi para ibu tipe pekerja kantor bisa memberikan ASI dengan memerah dan menyimpan ASI. Agar nyaman, sebaiknya menggunakan nursing cover/apron baby. Nursing cover yang dibuat dengan bahan katun, kain lembut, bisa dibolak-balik. Nursing cover memberikan kenyamanan bagi ibu dan si bayi. Karena ada ruang untuk si bayi sehingga bayi bisa menghirup udara. Cara memakai nursing cover adalah mengalungkan ke leher sesuai kebutuhan, atur supaya bayi Anda tidak sesak nafas.

Baik, kita sudah mengerti bahwa ASI sangatlah penting untuk pertumbuhan bayi. Pertumbuhan pada bayi yang membutuhkan dorongan makanan yang mengandung zat-zat sebagai pemicu pertumbuhan dan perkembangan anak. Memberikan ASI secara eksklusif selama 2 tahun harus diupayakan. Meskipun sang ibu bekerja, namun masih bisa mengirimkan susu ASI. Memberikan segala perhatian dan kasih sayang kepada si buah hati adalah pekerjaan yang sangat mulia.

Be the first to comment on "Bantu Pertumbuhan Bayi dengan Sedia ASI Eksklusif"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*