Bayi Menangis di Malam Hari? Mungkin Ini Dia Penyebabnya!

Sebagai orang tua untuk anak pertama, mungkin Anda stress dan bingung ketika buah hati menangis. Ketika buah hati Anda menangis, Anda tidak perlu cemas atau khawatir berlebihan karena tangisan bayi saat malam hari adalah hal normal. Menangis adalah cara yang bisa dilakukan bayi untuk memberitahukan apa yang ia ingini atau apa yang sedang ia rasakan. Bila di akumulasi, biasanya bayi menangis sekitar 1 hingga 3 jam setiap hari.

Salah satu penyebab tangisan bayi saat malam hari adalah kolik. Kolik merupakan kondisi bayi yang sehat namun menangis secara berlebihan. Kolik ditandai dengan tangisan bayi lebih dari 3 jam sehari. Kondisi ini biasanya muncul ketika bayi berusia 3 minggu dan semakin menangis antara 4 hingga 6 minggu. Anda tidak perlu cemas karena intensitas tangisan ini bisa berkurang saat bayi berusia 6 minggu. Terdapat kemungkinan jika periode menangis ini adalah bagian tumbuh kembang anak yang normal. Saat ia keluar dari rahim, bayi akan mendengar serta melihat hal baru, hal tersebut bisa membuat otaknya sibuk bekerja. Sehingga, tidak heran jika ia rewel saat malam hari karena ia lelah sesudah seharian mempelajari hal baru.

Kolik sering dikaitkan dengan masuk angin hingga gangguan di sistem pencernaan. Tetapi, pada dasarnya kondisi ini tidak selalu berkaitan dengan masalah tersebut. Walaupun bayi mungkin terlihat seperti kesakitan, Anda tidak perlu cemas karena bayi menangis karena kolik tidak mengalami masalah kesehatan. apalagi bila sebelumnya ia terlihat gembira.

Ada beberapa hal yang menyebabkan tangisan bayi di malam hari, antara lain:

  • Kesepian. Menjadi orang yang satu-satunya tetap bangun di malam hari mungkin membuat ia merasa kesepian hingga akhirnya menangis karena memerlukan perhatian dari orang tuanya,
  • Ingin bergerak. Sesudah seharian mengurus bayi, pasti Anda lelah menggendongnya di malam hari, hingga akhirnya membiarkan ia berbaring di tempat tidur. Hal tersebut bisa membuat ia merasa bosan dan akhirnya menangis,
  • Lapar. Apakah Anda mengetahui bila bayi memerlukan asupan makanan dalam beberapa jam sekali? Jam makan ini bisa saja muncul ketika Anda sudah tidur. Agar bisa mencegah bayi yang menangis arena lapar di malam hari, Anda bisa mencatat kapan jam makannya, dan memasang alarm agar bisa memberi makan di waktu tersebut.

Walaupun bisa dikatakan normal, Anda harus waspada karena bayi menangis bisa menjadi tanda si kecil memiliki gangguan kesehatan. ciri tangisan bayi yang kurang normal ditandai dengan diare, muntah, demam, hingga penurunan berat badan. Anda juga bisa cemas ketika tangisannya dengan nada tinggi. usahakan selalu memonitor tangisannya, jika terjadi sesuatu yang janggal pada tangisannya, Anda bisa segera memeriksakan ia ke dokter, agar bayi mendapatkan penanganan yang tepat.

 

Be the first to comment on "Bayi Menangis di Malam Hari? Mungkin Ini Dia Penyebabnya!"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*