Beberapa Masalah Kerap Dirasakan Ibu Hamil Anak Kembar

Beberapa Masalah Kerap Dirasakan Ibu Hamil Anak Kembar

Hamil memang bukan kondisi yang mudah untuk dilalui seorang perempuan.  Beberapa ibu hamil mengalami masalah yang berbeda-beda ketika menjalaninya.  Terlebih lagi bagi ibu yang mengandung bayi kembar. Tingkat resiko ibu yang hamil kembar lebih tinggi bila dibandingkan dengan ibu yang hamil anak satu.  Nah berikut ini masalah yang dihadapi seorang ibu yang hamil anak kembar :

Beberapa Masalah Kerap Dirasakan Ibu Hamil Anak Kembar

  1. Ibu yang hamil anak kembar lebih menahan beban yang lebih banyak daripada ibu yang hamil anak satu.
  2. Ibu yang mengandung anak kembar lebih besar kemungkinan mengalami varises pada kaki. Hal ini karena  berat 2 janin yang menekan pembuluh darah yang ada di sekitar pinggul
  3. Ibu yang hamil anak kembar  mengalami perasaan panas atau terbakar pada bagian perut atas atau heartburn dan gangguan pencernaan.
  4. Ibu yang sedang mengandung anak kembar lebih sering mengalami morning sickness, namun ada juga yang tidak. Ibu yang sering mengalami morning sickness ini dianjurkan untuk sering makan dalam porsi yang kecil, sehingga tidak merasakan lapar.
  5. ibu yang sedang mengandung bayi kembar, beresiko untuk mengalami berbagai komplikasi penyakit antara lain :
  • Hipertensi gestasional

Hipertensi geostasional adalah tekanan darah tinggi yang terjadi saat kehamilan.  Ibu yang mengandung bayi kembar beresiko 2 kali mempunyai tekanan darah tinggi, hal ini karena tekanan plasenta meningkat.

  • Preeklampsia

Preeklamsia merupakan kondisi yang ditandai dengan ketidaknormalan hati dan ginjal. Tekanan darah tinggi, protein dalam urin, bengkak kaki dan tangan. Ibu yang hamil anak kembar beresiko 2 kali lebih besar untuk mengalami preeklamsia.

  • Diabetik gestasional

Resiko untuk mengalami diabetes gestasional lebih besar pada ibu yang mengandung bayi kembar karena ada 2 plasenta  yang dapat meningkatkan resistensi insulin. Hormon pada plasenta dan ukuran plasenta.

  • Anemia

Ibu yang mengandung anak kembar beresiko 2 kali lebih besar daripada ibu yang mengandung anak satu. Hamil meyebabkan jumlah aliran darah meningkat, sehingga ibu hamil bayi kembar beresiko terkena anemia.  Untuk mencegah anemia ada baiknya ibu mengkonsumsi makan yang mengandung zat besi seperti daging merah, sayuran seperti bayam, dan sereal yang telah difortifikasi. Sebaiknya ibu juga mengkonsumsi vitamin penambah darah.

  • Kelahiran bayi prematur

Ibu yang mengandung bayi kembar, juga beresiko melahirkan bayi prematur.  60 % kehamilan bayi kembar lahir dengan keadaan prematur.

Lalu bagaimana cara untuk mencegah komplikasi jika hamil kembar ? berikut ulasannya :

  • Selalu jaga kesehatan dan makan makanan yang bergizi
  • Tetap jalankan olahraga ringan agar tetap sehat dan bugar
  • Rutin periksa ke dokter kandungan
  • Perlu mengetahui tanda preeklamsia agar dapat ditangani sejak dini
  • Jauhi asap rokok, karena plasenta akan bekerja keras menyediakan oksigen yang cukup bagi janin.

Baca juga: Faktor Yang mempengaruhi Bayi Kembar

Itulah beberapa informasi mengenai hamil anak kembar. Semoga informasi ini bermanfaat. Sampai jumpa !

Be the first to comment on "Beberapa Masalah Kerap Dirasakan Ibu Hamil Anak Kembar"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*