Beginilah Faktor Melahirkan Bayi dalam Air, Metode Persalinan Baru yang Tidak Sakit

Beginilah Faktor Melahirkan Bayi dalam Air, Metode Persalinan Baru yang Tidak Sakit

Memasuki trimester ketiga, apalagi ketika usia kandungan sudah pada bulan ke sembilan, pastinya ada banyak sekali para ibu hamil yang was-was untuk mempersiapkan kelahiran buah hati mereka, mulai dari mencari rumah sakit terbaik juga rutin mengecek kesehatan, karena hal ini nantinya akan sangat mempengaruhi apakah bayi bisa lahir secara normal atau melalui jalan cesar. Bahkan sekarang juga ada alternatif baru yaitu melahirkan bayi di dalam air.

Beginilah Faktor Melahirkan Bayi dalam Air, Metode Persalinan Baru yang Tidak Sakit

Mungkin banyak yang sudah mulai mengenal prosedur kelahiran semacam ini, karena belakangan banyak sekali diantara rumah sakit yang menyediakannya, lalu sebenarnya proses melahirkan seperti apa itu?. Yaitu nantinya para ibu bisa menggunakan air hangat khusus yang sudah disiapkan untuk membantu jalan lahir menjadi lebih mudah dan juga lancar. Bahkan diklaim prosedur melahirkan semacam ini tidak terasa sakit seperti halnya melahirkan normal, wanita hamil bisa jauh lebih santai atau rileks mengikuti panduan yang diberikan oleh dokter.

Proses melahirkan bayi di dalam air ini agaknya juga jauh lebih cepat dibandingkan dengan kelahiran secara normal, namun biaya yang harus dikeluarkan juga tak bisa dikatakan sedikit. Adapun juga beberapa faktor yang sangat mendukung untuk kelahiran semacam ini, diantaranya adalah:

  1. Melahirkan di usia muda, apalagi jika ini adalah kelahiran pertama mereka, umumnya hamil di usia yang relatif masih muda dan melahirkan akan menciptakan sebuah trauma tersendiri bagi para ibu, karena rasa sakit atau resiko jalan lahir akan robek besar. Untuk itu cara melahirkan di dalam air ini bisa menjadi alternatif untuk mengatasi hal tersebut.
  2. Bayi yang dikandung kembar atau bahkan lebih dari 2, jika bayi yang dikandung lebih dari satu umumnya memang proses persalinan normal tidak mungkin dilakukan, apalagi jika posisinya kurang begitu bagus, harus dilakukan dengan operasi cesar, namun dengan langkah yang satu ini juga bisa sangat membantu untuk mempercepat terjadinya persalinan bayi kembar tersebut.
  3. Ukuran bayi besar, karena konsumsi gula atau karbohidrat berlebih selama masa kehamilan, maka tak bisa dipungkiri jika seandainya bayi yang dikandung terkadang memiliki berat badan yang cukup besar, melahirkan di dalam air ini dapat dijadikan sebagai alternatif, agar prosesnya tetap lancar.
  4. Posisi bayi sungsang, biasanya akan dilakukan USG terlebih dahulu sebelum menjalani persalinan, ketika posisi bayi sungsang maka dokter akan menyarankan dilakukan operasi atau dengan metode melahirkan semacam ini.
  5. Bayi prematur, kelahiran bayi semacam prematur agaknya juga dapat disiasati dengan metode water birth ini.

Baca juga: Berbagai Hal yang Harus Dihindari untuk Mencegah Melahirkan Bayi Prematur

Melahirkan bayi dalam air ini adalah metode baru yang masih terus dikembangkan, sehingga prosesnya harus diawasi oleh dokter yang memang sudah ahli agar lebih aman.

 

Be the first to comment on "Beginilah Faktor Melahirkan Bayi dalam Air, Metode Persalinan Baru yang Tidak Sakit"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*