Belanja Mainan Bayi Laki-laki Baiknya Pertimbangkan 4 Hal Berikut

Saat memiliki bayi laki-laki tentu setiap orangtua tetap ingin memberikan yang terbaik, sebab merekalah titipan terbaik dan wajib dijaga. Memberikan perawatan dan perhatian lebih seolah sudah menjadi naluri setiap orangtua dan bentuk kasih sayang ini diberikan melalui beragam cara. Salah satunya adalah dengan menyediakan mainan bagi buah hati, dan tentunya jenis mainan ini berbeda ketika memberi mainan pada bayi perempuan. Baiknya jangan sampai keliru sebab saat bermain dengan mainan si kecil seolah menyelami karakternya sebagai laki-laki.

Pertimbangan Memilihkan Mainan yang Pas

Biasanya orangtua akan mengajak bayinya untuk ikut belanja mainan, selama masih wajar dan aman maka tidak ada salahnya diikuti pilihan si kecil. Namun dalam menyediakan mainan bagi buah hati laki-laki baiknya tidak lempeng-lempeng saja mengikuti keinginan mereka. Sesekali berikan opsional lain yang lebih pas, pertimbangkan dulu beberapa hal berikut supaya tidak salah pilih:

Baca juga: Tips Memilih Boneka Bayi untuk Anak Laki-laki

  • Jauhi mainan khusus bayi perempuan,

Bayi berjenis kelamin laki-laki baiknya tidak diperkenalkan dengan mainan untuk bayi perempuan, misal boneka atau mainan masak-masakan. Sebab efeknya kurang bagus meski mereka masih di usia bayi, namun perkenalkan dengan mainan khusus laki-laki.

  • Pastikan aman dan tidak membahayakan si kecil,

Mainan yang dipilihkan untuk bayi laki-laki tentu diwajibkan untuk aman sehingga tidak menimbulkan efek bahaya bagi si kecil. Sebab ketika masih bayi umumnya mainan ini akan dipegang erat atau malah dimasukkan ke mulut. Selain jauh dari indikasi benda tajam mainan pun wajib terbuat dari bahan atau material yang aman. Tujuannya untuk menghindari keracunan sebab bisa jadi bahan mainan ini malah mengandung zat berbahaya, maka dalam belanja mainan bayi usahakan jangan langsung mencari yang murah.

  • Hindari dulu mainan berbentuk senjata,

Bayi dan anak laki-laki memang selalu diperkenalkan orangtua dengan mainan berbentuk senjata misalnya pedang atau mungkin pistol. Namun apabila masih ada pilihan lain maka baiknya pilih mainan diluar jenis senjata tadi. Misalnya mainan berbentuk hewan lucu yang disukai bayi terlebih jika warnanya terang. Bisa pula memperkenalkan bayi dengan mainan bola, balok bersusun, mainan replika kendaraan umum, dan lain sebagainya. Kalau sejak dini sudah kenal senjata tentu bisa memberi efek kurang baik.

  • Perkenalkan pada mainan sesuai usia,

Bayi tentu membutuhkan jenis mainan yang berbeda dengan mereka yang sudah menginjak usia anak-anak, demikian pula setelah memasuki sekolah minimal TK atau SD. Maka kebutuhan mainan anak akan ikut berubah sejalan dengan perkembangan usia mereka. Baiknya tidak hanya memilih mainan yang tengah menjadi trend akan tetapi juga mainan yang sesuai usia mereka. Yakni yang tentunya bisa dimainkan oleh bayi laki-laki Anda, supaya tidak mudah bosan dan memperoleh edukasi dari mainan tersebut.

Be the first to comment on "Belanja Mainan Bayi Laki-laki Baiknya Pertimbangkan 4 Hal Berikut"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*