Berbagai Jenis Alat Gigitan Bayi Disesuaikan dengan Tumbuh Kembang Bayi

Apakah Anda memiliki bayi yang memasuki usia pertumbuhan gigi? Pada masa-masa tersebut bayi Anda akan menjadi lebih rewel dari biasanya, dia akan lebih sering menangis dan memasukkan berbagai benda ke mulutnya bahkan bisa jadi gusinya mengalami pembengkakan dan mengeluarkan banyak air liur. Anda tidak perlu khawatir, hal tersebut wajar dialami bayi usia 4 hingga 6 bulan. Salah satu cara membuat bayi tenang adalah memberikannya alat gigitan bayi yang berfungsi untuk mengurangi rasa sakit.

Setiap bayi pasti melewati fase-fase di mana gusi mereka menjadi gatal ataupun nyeri. Dan hal tersebut dapat dikurangi dengan memberikan alat tersebut. Namun masih banyak orang tua yang tidak paham cara memilih alat gigit yang tepat dan cenderung asal memilih. Sebenarnya memilih alat ini sangat mudah melihat dengan fungsi yang dibutuhkan si bayi.

Baca Juga : Referensi Beserta Harga Teether Bayi Berkualitas Bagi Pertumbuhan Gigi Si Kecil

Nah, apakah yang menjadi pertimbangan orang tua dalam memilih satu dari beragam jenis dan bentuk alat ini? Alat gigitan bayi atau yang lebih dikenal dengan sebutan teether ini memiliki banyak jenis tergantung dari fungsi dan fitur yang disediakan. Selain itu banyak sekali bahan yang digunakan produsen dalam membuat alat ini.

Apa saja jenis dan fungsi yang ditawarkan oleh alat gigit ini? Mari kita lihat beragam jenisnya:

 

  • Model Ergonomis

Model ini berfungsi untuk melegakan gatal akibat pertumbuhan gigi yang menembus gusi, biasanya dibuat dengan bahan silicon ataupun karet yang higienis dan dapat menjangkau segala bagian mulut karena bentuknya yang simple dan ergonomis.

  • Model transisi

Fungsi dari model yang satu ini adalah sewaktu masa perubahan dari sobek nya gusi karena gigi yang menembus permukaan gusi yaitu supaya dapat membersihkan sel-sel gusi yang mati dan mencegah infeksi pada gusi. Biasanya dibuat dari bahan silikon yang sedikit lebih eras.

  • Model Pelega / Soothing

Berfungsi memberikan rasa nyaman pada gusi bayi. Biasanya terbuat dari silikon atau plastic yang didalamnya berisi cairan steril yang dapat disimpan dalam lemari pendingin, sehingga ketika bayi menggigit permukaan berisi cairan tersebut akan terasa sensasi dingin yang nyaman. Biasanya memiliki bahan silikon yang tebal sehingga tidak mudah bocor.

  • Model Pemijat

Berfungsi memijat bagian gusi yang gatal dan nyeri. Biasanya terbentuk dari bahan silikon namun dengan desain kombinasi kasar dan lembut.

 

Lalu bagaimana kita bisa memilih alat gigitan tersebut yang aman dan sesuai dengan kebutuhan buah hati? Berikut tips memilih gigitan yang tepat:

  1. Pastikan komposisi bahan pembuatan alat bebas dari bahan berbahaya misalnya bisphenol A (BPA) dan Phthalate (DEHP) serta PVC yang berbahaya bila ter konsumsi oleh bayi.
  2. Pilihlah alat gigitan yang mudah dibersihkan.
  3. Pilih alat yang flexible digunakan pada setiap bagian mulut I kecil, jangan terlalu besar karena tidak akan bisa masuk ke sela-sela mulut yang kecil namun juga jangan terlalu kecil agar tidak tertelan.
  4. Pilihlah alat yang kokoh sehingga awet dan tidak mudah rusak, apalagi bila Anda ingin membeli jenis Cooling karena terdapat cairan didalam alat tersebut.

Be the first to comment on "Berbagai Jenis Alat Gigitan Bayi Disesuaikan dengan Tumbuh Kembang Bayi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*