Berbagai Kemampuan yang Dimiliki Bayi 3 Bulan

Berbagai Kemampuan yang Dimiliki Bayi 3 Bulan

Perkembangan bayi 3 bulan biasanya sudah dapat meraih benda-benda yang berada di sekitarnya terlebih benda yang dapat menarik perhatian. Selain itu bayi dengan usia tiga bulan sudah dapat menggulingkan badannya dengan lancar. Oleh karena itu sudah selayaknya bayi dalam usia seperti ini harus selalu dalam pengawasan orang tua jangan sampai Anda terlena.

Berbagai Kemampuan yang Dimiliki Bayi 3 Bulan

Kemampuan Motorik

Kemampuan motorik bayi umur tiga bulan sudah berkembang pesat menuju ke arah yang lebih baik. Seperti sudah dapat menegakkan kepala dan dadanya saat sedang tengkurap. Selain itu bayi 3 bulan umumnya sudah dapat melakukan aktivitas seperti:

  • Bermain-main

Bayi dengan umur 3 bulan akan senang bermain-main dengan tangannya sendiri. Dikarenakan tangan yang ia miliki merupakan mainan pertama yang ia temukan. Bayi 3 bulan suka memainkan jari-jarinya dengan membuka ataupun menutupnya bahkan sampai dimasukkan ke dalam mulut.

  • Koordinasi Tangan dan Mata Terus Berkembang

Apabila Anda memiliki bayi yang sedang memasuki usia 3 bulan coba perhatikan perkembangan koordinasi antara tangan dan indra penglihatannya. Hal ini dapat terlihat ketika Anda memegang sebuah benda di depan bayi, maka sang bayi akan merespon dengan melihat ke arah benda yang Anda bawa kemudian lama kelamaan sang bayi akan berusaha meraih benda tersebut dengan tangannya.

  • Menendang

Dikarenakan kemampuan motoriknya yang sedang mengalami perkembangan bayi di usia ini akan menendang-nendang dengan tenaga yang lebih kuat. Hal ini disebabkan oleh perubahan antara tulang panggul dan sendi lutut menjadi lebih lentur dan fleksibel.

  • Meraba dan Mengenggam

Pada usia ini kemampuan meraba dan merasakan permukaan kasar, halus, berongga dan berbulu sudah berkembang. Selain itu bayi Anda sudah dapat mengenggam benda dengan tangannya sendiri. Anda dapat memberikan mainan yang terbuat dari karet untuk digenggamnya.

  • Menjulurkan Lidah

Ketika Anda mengajari bayi Anda untuk mengeluarkan lidahnya maka sang bayi pun Akan mengikutinya.

Kemampuan Berbicara

Saat Anda sedang berbicara dengan bayi Anda maka akan ada sebuah respon yang ditunjukkan seperti menatap lekat mata Anda. Lama-kelamaan sang bayi pun akan menggerakan bibirnya atau bahkan bergumam seolah-olah ingin menyaut atau menjawab obrolan Anda. Walaupun sang bayi belum dapat menjawab percakapan Anda namun tidak ada salahnya untuk sering-sering mengajaknya mengobrol. Dikarenakan berdasarkan sebuah penelitian kegiatan mengobrol yang dilakukan oleh ibu dan bayinya akan memberikan dampak positif. Dampak positif ini akan terlihat dengan IQ yang lebih tinggi dan akan memiliki perbendaharaan kata yang lebih banyak dibandingkan dengan teman-teman sebayanya.

Baca juga: Bingung Bermain dengan Bayi 3 Bulan? Lakukan Permainan Ini untuk Mendekatkan Diri dengan Si Kecil!

Kemampuan Sosial

Kemampuan sosial yang dimiliki bayi 3 bulan dimulai dengan dapat mengenali wajah kedua orangtua, saudara bahkan kerabat dekatnya. Sehingga sang bayi akan tersenyum ketika melihat orangtuanya dari kejauhan. Respon ini akan terus menerus berkembang seiring berjalannya waktu.

 

Be the first to comment on "Berbagai Kemampuan yang Dimiliki Bayi 3 Bulan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*