Berbagai Mainan Bayi yang Bisa Diciptakan Oleh Ibu Kreatif

Berbagai Mainan Bayi yang Bisa Diciptakan Oleh Ibu Kreatif

Bermain merupakan cara utama untuk bayi belajar. Mainan bayi memungkinkan mereka untuk bisa berkomunikasi, bersosialisasi, serta memahami dunia di sekitarnya. Kenali tanda-tanda ia ingin bermain, terutama saat ia menunjukkan kemampuan tersenyum dan mencoba meraih benda di sekitarnya. Tak perlu cemas jika tidak ada dana khusus untuk membeli mainan, karena mainan bisa diciptakan sendiri tanpa biaya.

Permainan bayi usia 4 hingga 7 bulan

Sesudah usianya menginjak 4 bulan, ia biasanya mulai bisa membalas senyuman dan mengenali wajah Anda. Sekarang ini, ia sudah mulai belajar meraih benda di sekitarnya. Ada beberapa mainan bayi untuk menstimulasi perkembangannya:

Berbagai Mainan Bayi yang Bisa Diciptakan Oleh Ibu Kreatif

  • Buku. Buu bisa digunakan untuk mengenalkan objek seperti binatang. Anda juga bisa memberikan cerita padanya walaupun ia belum memahami apa yang diceritakan. Tetapi, ia akan dengan senang hati mendengarkan suara Anda serta senang memperhatikan gambar warna di buku. Coba gunakan buku kain bergambar yang tak robek saat dimakan. Membacakan cerita bisa memperkuat ikatan Anda. Anda juga bisa mengajaknya mendengarkan dongeng di TV.
  • Membuat mainan bayi dari kain perca. Jangan membuang kain perca di rumah. Kain perca berbagai warna, tekstur dan bentuk menjadi bahan permainan yang bisa membantu mengembangkan indera perabanya.
  • Bermain dengan jari. Tunjuk anggota badannya dan nyanyikan lagu. Nyanyikan sembari memegang anggota badan yang sedang dinyanyikan. Permainan ini pada dasarnya sederhana tetapi bisa membantunya mengerti arti kata.

Baca Juga : Ciri-ciri Mainan Bayi yang Dapat Membahayakan Si Kecil

Permainan bayi usia 8 hingga 12 bulan

Di usia ini, ia sudah bisa merangkak. Anda bisa memberikan mainan bayi mainan plastik. Bermain dengan air adalah pilihan yang menarik. gunakan mainan plastik ini untuk menemaninya bermain. Namun waspadalah, hindari meninggalkannya sendirian dalam bak mandi selain itu Anda bisa memulai membacakan buku sedini mungkin.

Selain itu, untuk mengembangkan kemampuan merangkaknya, Anda bisa meletakkan mainan dengan jarak yang cukup jauh darinya untuk membantunya berlatih. Awal-awal, gunakan jarak dekat terlebih dahulu, setelah itu tambah jarak sedikit demi sedikit.

Jangan menyerah saat ia belum tertarik untuk bermain. Mungkin saja ia letih atau belum tertarik sekarang, namun bisa jadi ia akan tertarik di hari lain. Sama seperti saat ia tidak dapat berkonsentrasi dengan mainan bayi yang Anda berikan, namun saat yang lain ia bisa menikmati mainan tersebut sampai 30 menit lamanya. Hal yang pasti, jangan pernah bosan untuk mengulang permainan yang telah Anda rencanakan, terlepas dari caranya merespons mainan yang Anda berikan. Seiring dengan berkembangnya fisik dan usia bayi, permainan yang dilakukan diluar rumah juga bisa dilakukan untuk membantunya melihat suasana di luar lingkungan rumahnya. Bawa buah hati ke kolam renang atau taman untuk sekedar menghabiskan waktu bersama.

Be the first to comment on "Berbagai Mainan Bayi yang Bisa Diciptakan Oleh Ibu Kreatif"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*