Berbagai Makanan yang Berbahaya Bagi Ibu Hamil

Berbagai Makanan yang Berbahaya Bagi Ibu Hamil

Ketika mengandung, asupan makanan dan minuman harus benar-benar dijaga, jangan sampai terdapat bakteri dan parasit. Saat sedang mengandung, apa yang Anda minum dan makan ikut mempengaruhi kesehatan buah hati dalam kandungan. Bahkan, setelah ibu hamil melahirkan, banyak makanan dan minuman yang ternyata berpotensi bahaya untuk perkembangan buah hati. Makanan atau minuman tersebut seperti parasit, mineral, bakteri.

Berbagai Makanan yang Berbahaya Bagi Ibu Hamil

Oleh sebab itu, selama masa kehamilan, ibu hamil dianjurkan menghindari mengkonsumsi makanan dan minuman berbahaya, seperti:

Sayuran yang belum dibersihkan

Pastikan selalu mencuci buah dan sayuran hingga bersih di bawah air mengalir. Hindari sayuran atau buah yang sudah rusak, memar atau bolong karena bakteri biasanya berkembang di daerah tersebut.

Kafein

Asupan kafein yang terlalu banyak saat hamil dapat meningkatkan risiko keguguran serta berat badan bayi yang rendah. Anda harus selalu mengingat jika kafein bukan hanya di kopi, kafein terkandung di beberapa minuman seperti cokelat, teh, minuman bersoda, minuman kaleng hingga obat flu. Disarankan, ibu hamil hanya mengkonsumsi maksimal 200 mg kafein sehari.

Makanan laut

Hindari mengkonsumsi makanan yang berbahaya seperti makarel, tilefish, bluefish, tuna, marlin, hiu serta beberapa jenis ikan yang lain. ikan tersebut memiliki kandungan merkuri yang lebih tinggi dibanding dengan jenis ikan lain. Ibu hamil masih diperbolehkan mengkonsumsi ikan dengan kandungan merkuri rendah seperti nila, lele, sarden, salmon dan udang. Tentu takarannya masih dibatasi maksimal 340 gram per minggunya. Selain itu, pastikan untuk memasak makanan laut terlebih dulu. Hindari mengkonsumsi makanan seperti sashimi, sushi, serta makanan laut mentah yang lain.

Baca Juga : Berbagai Makanan yang Berbahaya Bagi Ibu Hamil

Daging mentah

Pastikan semua daging dimasak sampai matang agar terhindar dari kontaminasi serta keracunan makanan karena E coli, campylobacter, salmonella, serta berbagai infeksi yang lain.

Beberapa jenis keju

Keju yang memiliki tekstur lembut seperti keju biru, camembert, brie, dan roquefort cenderung lembab, sehingga membuat bakteri listeria dapat berkembang dan tumbuh di sana. Namun tak perlu cemas, bukan berarti selama hamil Anda tidak boleh mengkonsumsi keju, karena keju seperti cheddar dan parmesan masih boleh dikonsumsi.

Telur mentah

Telur mentah yang tak dimasak sampai matang akan menyebabkan keracunan makanan karena bakteri salmonella. Saat memasak telur, pastikan kembali bagian putih dan kuning telur matang sampai merata.

Hati

Hati serta makanan yang memiliki kandungan hati kemungkinan memiliki kandungan vitamin A yang terlalu banyak sehingga bisa membahayakan sang bayi.

Susu yang tak dipasteurisasi

Disarankan ibu hamil hanya mengkonsumsi susu yang telah dipasteurisasi atau susu UHT. Jika para ibu lebih menyukai susu mentah, usahakan merebusnya terlebih dahulu.

Jadi, mulai dari sekarang sayangi anak dalam kandungan dengan cara menghindari berbagai makanan berbahaya bagi ibu hamil.

Be the first to comment on "Berbagai Makanan yang Berbahaya Bagi Ibu Hamil"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*