Berbagai Manfaat Sunat Pada Bayi Laki-Laki yang Harus Anda Tahu

Berbagai Manfaat Sunat Pada Bayi Laki-Laki yang Harus Anda Tahu

Sunat merupakan operasi pembuangan kulup atau kulit yang menutupi ujung penis dan biasa dilakukan karena faktor agama dan juga tradisi. Sedangkan jika ditinjau dari segi medis, sunat juga memiliki manfaat tetapi juga memiliki risiko, terutama jika dilakukan pada bayi laki-laki.

Berbagai Manfaat Sunat Pada Bayi Laki-Laki yang Harus Anda Tahu

Manfaat sunat dari  segi kesehatan

Sunat pada bayi laki-laki memang memiliki risiko, namun menurut sebuah organisasi dokter anak, jika ditinjau dari segi medis, manfaat sunat lebih banyak. Adapun manfaat sunat diantaranya yaitu:

  • Mencegah terjadinya masalah penis

Kulup yang ada pada penis apabila tidak disunat, terkadang sulit atau bahkan tidak bisa untuk ditarik ke atas. Apabila hal ini terjadi maka akibatnya akan memicu terjadinya peradangan pada bagian kulup penis.

  • Menjadi lebih mudah dibersihkan

Sunat akan membuat penis lebih mudah untuk dibersihkan. Walaupun tidak menutup kemungkinan bahwa penis yang tidak disunat pun juga tidak sulit untuk dibersihkan.

  • Menurunkan risiko mengidap penyakit

Infeksi saluran kemih, infeksi menular seksual dan kanker penis umumnya terjadinya pada kaum pria yang tidak disunat. Namun jika infeksi para terjadi pada bayi laki-laki maka sebaiknya ditangani lebih cepat karena akan memicu masalah pada ginjal nantinya.

sedangkan infeksi menular seksual dapat dicegah dengan cara sunat. Tetapi bukan berarti setelah sunat, bisa bebas melakukan seks dengan sembarangan. Tetap disarankan untuk melakukan perilaku seks yang aman dan juga sehat.

Memang, kanker penis termasuk salah satu jenis kanker yang jarang terjadi dan kemungkinan terjadinya lebih besar pada penis yang tidak disunat. Maka dari itu, wanita yang memiliki pasangan seksual dari pria yang disunat akan memiliki kemungkinan yang lebih besar terhindar dari kanker serviks.

Risiko Sunat

Sunat tetap memiliki risiko meskipun tergolong rendah. Setidaknya, tingkat komplikasi sunat yaitu sekitar 0,1-35% dimana sebagian besar komplikasi akan mengakibatkan terjadi infeksi, pendarahan dan gagalnya membuang kulit kulup yang cukup. Pendarahan dan infeksi dapat terjadi akibat iritasi dari gesekan popok dan amonia dalam urine. Komplikasi serius yang biasanya terjadi ketika sunat yaitu:

  • Penis mengalami cedera

Adapun cedera yang dialami penis yaitu fistula uretral, nekrosis penis, dan amputasi, serta peradangan yang terjadi pada bukaan penis seperti gangguan dengan kandung kemih.

  • Rasa nyeri yang terjadi pada saat ereksi ketika sudah dewasa. Hal ini disebabkan karena terlalu banyaknya kulit yang dipotong. Tetapi biasanya hal ini jarang terjadi.
  • Terjadinya masalah pada kulup yaitu kulup gagal sembuh dengan baik, dipotong terlalu panjang atau pendek, atau kulup yang masih menempel di ujung penis sehingga butuh dibedah kembali untuk melakukan perbaikan.

Baca juga 5 Cara Mudah yang Bisa Dilakukan Agar Bayi Laki-laki Tanpa Harus Program ke Dokter

Sunat pada bayi laki-laki sebaiknya dilakukan pada minggu-minggu pertama setelah lahir. Biasanya antara hari pertama hingga hari kesepuluh.

 

Be the first to comment on "Berbagai Manfaat Sunat Pada Bayi Laki-Laki yang Harus Anda Tahu"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*