Berbagai Peralatan Bayi yang Harus Disiapkan Saat Naik Pesawat

Berbagai Peralatan Bayi yang Harus Disiapkan Saat Naik Pesawat

Bila hendak berpergian bersama dengan buah hati, menggunakan moda transportasi pesawat merupakan pilihan yang lebih aman untuk bayi dibanding dengan menggunakan jalur darat. Sebelum Anda mengajak buah hati naik pesawat, terdapat beberapa peralatan bayi yang harus disiapkan. Banyak anggapan jika sistem kekebalan tubuhnya belum cukup kuat, sehingga menggunakan pesawat akan membuatnya tertular infeksi. Padahal, sebenarnya infeksi bakteri dan virus bisa terjadi di mana pun, termasuk di rumah.

Berbagai Peralatan Bayi yang Harus Disiapkan Saat Naik Pesawat

Berbagai perlengkapan bayi yang harus disiapkan seperti mainan, dot, selimut dan baju hangat. Selain itu, siapkan peralatan makan untuk menyuapinya di perjalanan. Jangan lupa menanyakan kemungkinan untuk membawa makanan khusus ketika di dalam pesawat. Sebenarnya, di dalam pesawat kita bisa membeli makanan, namun akan lebih aman jika membawanya dari rumah.

Setelah seluruh peralatan bayi siap, ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti:

  • Usia bayi. pada dasarnya setiap maskapai penerbangan sudah menetapkan usia minimum bayi boleh terbang contohnya berkisar 2 hingga 14 hari sesudah ia dilahirkan, ada pula beberapa maskapai yang meminta surat dokter yang menyatakan bila si anak dan ibu dalam keadaan yang sehat. sedangkan untuk bayi prematur, usia terbang terhitung dari tanggal perkiraan ia lahir,
  • Memilih jam terbang dengan baik. Pilih jam terbang ketika waktu tidurnya seperti saat siang hari sesudah makan, ketika tidur siang atau saat menjelang malam. Dengan demikian, di dalam pesawat ia bisa tidur dengan pulas. Selain itu dengan pertimbangan usia, hindari penerbangan yang membutuhkan waktu selama berjam-jam.
  • Tempat tidur yang dikhususkan untuk bayi. Tanyakan pada maskapai, apakah maskapai sudah menyediakan tempat khusus untuk bayi. Jika tidak, Anda harus membawa tempat tidur khusus bayi sendiri. Bila tak sedang menyusui, bayi akan lebih nyaman di dalam tempat tidur khusus ini.

Baca Juga : Tata Cara Pembuatan Susu Formula Bayi yang Benar untuk Menjaga Nilai Gizinya

Selama berada di dalam pesawat, pastikan bayi di posisi yang aman. Pastikan pula Anda sudah siap memenuhi seluruh kebutuhannya. Ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian, seperti:

  • Bila menggendong bayi dalam pelukan, kenakan sabuk pengaman di tubuhnya saat pesawat lepas landas atau mendarat, dengan memastikan sabuk terpasang, Anda bisa lebih mudah menenangkan atau memberi makan si kecil di pesawat.
  • Jaga bayi dari paparan virus dan bakteri seperti orang batuk atau bersih.
  • Gunakan pembersih anti kuman sebelum memberinya makan.

Bayi biasanya menangis saat merasa tak nyaman, termasuk saat ia merasakan perubahan di dalam pesawat. Saat bayi menangis, Anda harus tetap tenang, ini adalah kunci utama sehingga ia bisa ditangani dalam situasi terbaik. Ketika bayi naik pesawat, ia juga mulai lebih tenang hingga di tujuan. Bayi yang tenang bisa membuat perjalanan Anda menjadi lebih nyaman. Jadi, jangan lupa bawa peralatan bayi dan perhatikan berbagai tips di atas.

Be the first to comment on "Berbagai Peralatan Bayi yang Harus Disiapkan Saat Naik Pesawat"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*