Bingung Bagaimana Membuat Steril Botol Susu Si Kecil? Ini Dia Cara Mudahnya!

Bingung Bagaimana Membuat Steril Botol Susu Si Kecil Ini Dia Cara Mudahnya!

Bayi masih belum bisa menggigit mau pun mencerna makanan keras yang masuk ke dalam pencernaan mereka. Untuk itu, makanan yang mereka konsumsi setiap harinya hanyalah susu saja, baik susu ASI mau pun formula. Untuk membuat mereka dapat mengonsumsi susu tersebut dengan mudah, maka biasanya para orang tua akan memakai botol susu yang memiliki dot yang membuat mereka mudah meminumnya dan juga cocok dengan bentuk mulut mereka. Sebelum benda tersebut dipakai, biasanya Anda harus menjamin jika botol tersebut sudah steril dan terbebas dari adanya kuman dan juga kotoran lainnya. Mungkin bagi Anda yang baru menjadi ibu sering kebingungan bagaimana cara membuat botol tersebut steril. Berikut ini adalah beberapa cara mudah yang bisa Anda terapkan untuk menjaga kebersihannya:

Bingung Bagaimana Membuat Steril Botol Susu Si Kecil Ini Dia Cara Mudahnya!

  • Penguap Elektronik

Teknologi sekarang ini sudah semakin maju dan membuat masyarakatnya semakin hidup dalam kemudahan. Salah satu yang bisa Anda rasakan saat ini terutama yang berguna juga untuk si kecil adalah penguap elektronik. Alat ini dapat dengan mudah Anda dapatkan dan juga menjadi jenis pensteril yang banyak digunakan saat ini. Selain itu, Anda juga tidak perlu membuang waktu untuk membuatnya bersih, karena alat ini mampu mensterilkan sampai dengan enam buah botol hanya dalam waktu 5 menit saja. Jadi, untuk Anda yang tidak mau repot dan membuang banyak waktu akan sangat disarankan untuk memakai alat ini.

  • Rebus

Cara mensterilkan botol susu yang satu ini memang paling banyak digunakan oleh kebanyakan ibu di Indonesia. Metode ini sudah diwariskan turun temurun dan juga sudah menjadi metode yang paling tradisional untuk membuat botol tersebut menjadi steril dan terhindar dari kuman dan bakteri. Anda hanya membutuhkan panic, air dan juga kompor untuk melakukannya. Namun perlu diperhatikan, jangan menyalakan api dengan besar, cukup yang kecil saja. Jika besar, maka akan merusak botol dan juga dotnya.

  • Mesin Cuci Piring

Metode selanjutnya yang berguna untuk membersihkan botol adalah dengan menggunakan mesin cuci piring. Namun, sebelum memakai alat ini, Anda harus memastikan jika botol tersebut tidak akan rusak jika dicuci dan disterilkan dengan menggunakan alat ini. Selain itu, pastikan mesin berjalan dalam suhunya yang paling tinggi, yaitu lebih dari 80 derajat. Namun, nyatanya cara ini bisa membuat botol cepat rusak karena tekanan air yang diberikan.

Baca Juga Cara Mengurangi Frekuensi Penggunaan Botol Susu Pada Balita

  • Sterilisasi Dingin

Cara terakhir yang bisa Anda pakai untuk membuat botol susu si kecil menjadi steril dan aman jika dipakai adalah dengan menggunakan proses ini. Hal ini merupakan suatu alternatif yang sangat cocok untuk Anda yang sibuk. Cara ini membutuhkan cairan atau pun tablet pensteril dan Anda tinggal memasukkannya saja ke air yang bersih, dan bisa memakainya untuk membuat steril botol tersebut.

Be the first to comment on "Bingung Bagaimana Membuat Steril Botol Susu Si Kecil? Ini Dia Cara Mudahnya!"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*