Biskuit Bayi Cocok untuk Usia Berapa? Simak Ulasan Berikut Ini!

ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi dimana di dalamnya sudah mengandung banyak nutrisi dengan kadar seimbang bagi si kecil. Namun ketika bayi sudah semakin tumbuh dan tumbuh, maka ASI saja tentu tidak cukup sebagai makanannya sehingga harus didampingi dengan makanan lainnya. Kebanyakan Ibu kadang langsung memberikan biskuit bayi pada bayinya dengan cara dilembutkan terlebih dulu. Namun apakah hal ini tepat?

Mengenalkan makanan untuk bayi haruslah disesuaikan dengan usia bayi. Anda perlu memulai dengan tekstur makanan yang cair dulu baru kemudian ke makanan yang padat. Anda juga harus menyesuaikan kemampuan dari si kecil dalam pemberian makanannya. Tanda yang umum adalah ketika refleks mendorong di lidah bayi hingga adanya kemampuan mengendalikan kepala jadi penunjuk jika bayi sudah bisa mulai makan makanan lain.

Baca juga: Manfaat Pemberian Makanan Bayi Sesuai Usia yang Dianjurkan

Berikut ini beberapa tahapan pemberian makanan pada bayi yang perlu Anda ketahui:

  • 4 sampai 6 bulan

Di masa ini, ASI menjadi makanan yang utama pada si kecil. Makanan padat bisa ditambahkan namun hanya sebagai asupan tambahan saja. Umumnya makanan yang diberikan adalah susu formula hingga sereal bayi lalu dicampur ASI. Berikan makanan dengan perlahan dan jika bayi menolak, maka jangan dipaksa. Selain itu awali dengan buah juga bisa dilakukan misalnya dengan pisang yang dikerok hingga lunak.

  • 6 sampai 8 bulan

Di usia ini, umumnya bayi sudah bisa duduk di kursi tanpa bantuan apapun. Untuk lebih amannya, jangan lupa untuk tambahkan sabuk pengaman sehingga dia tidak jatuh. Jika sereal lunak sudah bisa dia makan, selanjutnya Anda bisa memberikan makanan lainnya misalnya alpukat, ubi hingga wortel yang sudah dimasak sebelumnya. Untuk porsinya bisa ditambahkan sedikit dari sebelumnya.

  • 8 sampai 10 bulan

Di usia ini bayi telah mampu mengunyah makanan yang lebih kasar lagi. Biasanya ketika usianya sampai 9 bulan, dia bisa mengkoordinasikan ibu jari dan juga telunjuknya dalam memegang makanan. Anda bisa memberikan biskuit bayi dan sayur dalam bentuk yang agak kasar. Namun pastikan agar semua makan itu dipotong kecil lebih dulu.

  • 10 sampai 12 bulan

Menjelang umur pertamanya, bayi biasanya sudah mampu konsumsi makanan yang mirip dengan makanan orang dewasa. Namun Anda perlu memberikannya dengan memotong lebih kecil sehingga bayi tidak tersedak. Namun waspadai jika kacang, ikan dan telur baiknya dikonsumsi saat bayi menginjak satu tahun.

Itulah beberapa tahapan dalam pengenalan makanan yang perlu diketahui oleh para Ibu sehingga bisa memberikan makanan secara benar pada si kecil. Jadi semuanya harus bertahap, jangan tiba-tiba diberi biskuit bayi padahal belum masuk usianya karena bisa jadi bayi belum mampu.

 

Be the first to comment on "Biskuit Bayi Cocok untuk Usia Berapa? Simak Ulasan Berikut Ini!"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*