Botol Bayi, Peralatan Bayi yang Harus Terjaga Kebersihannya

Memberi air susu ibu yang sudah diperah atau malah memberikan susu formula untuk bayi dengan menggunakan botol susu adalah hal umum. Sehingga, peralatan bayi yang satu ini sangat dibutuhkan. Hanya saja, botol bayi yang dipergunakan harus memenuhi berbagai kriteria aman. Dari tahun 2011, negara Eropa mulai melarang zat kimia BPA di botol plastik. Kandungan ini dianggap memiliki resiko yang kurang baik untuk kesehatan.

Apa itu BPA? BPA dipergunakan untuk proses pembuatan botol plastik yang dibuat dari plastik, untuk membuatnya menjadi terlihat jernih serta tidak mudah pecah ketika terjatuh. BPA juga dipergunakan untuk mengeraskan plastik serta mencegah bakteri dari makanan. zat kimia ini kemungkinan bisa masuk dalam tubuh dari cairan lain atau dari susu yang diberikan melalui botol. Banyaknya BPA yang dicampur bergantung dari jenis botol serta suhu ketika botol dilakukan sterilisasi.

Baca juga: Tips Membeli Dot Bayi yang Harus Diketahui Agar Mendapatkan yang Terbaik

Beberapa penelitian pada BPA mengaitkan adanya resiko kesehatan seperti diabetes, kanker serta sakit jantung. Walaupun demikian, proses BPA yang berada di dalam tubuh berbeda dengan hewan percobaan sehingga belum diketahui dengan pasti seperti apa resiko terhadap manusia. Hal yang harus diketahui, penggunaan BPA di kemasan plastik bukan hanya untuk peralatan bayi ini, namun ada beberapa wadah serta perlengkapan plastik yang kemungkinan memiliki kandungan BPA seperti cangkir minum, produk pembersih dan kotak makan.

Memilih botol bayi tidak boleh terpaku dengan rendah atau tingginya harga, tetapi teliti label kemasannya. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan, antara lain:

  • Beli botol yang bebas BPA agar menghindari zat tersebut terkena pada buah hati Anda. botol yang berasal dari kaca bisa menjadi alternatif, tetapi Anda harus mewaspadai ketika melakukan sterilisasi. Botol kaca bisa pecah atau retak dalam suhu yang tinggi, dan serpihannya bisa masuk dalam susu,
  • Ada juga logo yang harus diketahui. Wadah yang aman yakni memiliki nomor 4 yang berasal dari bahan LDPE, nomor 2 yang berasal dari bahan HDPE, dan nomor 5 yang berasal dari PP,
  • Segera ganti botol yang terlihat tergores atau berubah warna, hal ini bisa memungkinkan terjadinya pelepasan zat kimia yang banyak,
  • Untuk penghangatan botol bayi, sangat disarankan menempatkan dalam baskom yang diisi air panas atau pun diletakkan di bawah air panas yang mengalir.

Untuk peralatan bayi yang digunakan untuk makanan dan minumannya, sangat disarankan memilih dengan baik dan seksama. Anda bisa membaca keterangan yang terdapat di label kemasan. Jangan sampai Anda salah melakukan pemilihan untuk anak Anda. sedangkan, untuk masalah harga, biasanya harga akan berpengaruh pada kualitas yang dimiliki oleh botol tersebut, sehingga pertimbangkan dengan baik harga yang akan Anda ambil.

 

Be the first to comment on "Botol Bayi, Peralatan Bayi yang Harus Terjaga Kebersihannya"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*