Bubur Bayi 6 Bulan yang Tepat untuk Buah Hati Anda yang Susah Makan

Banyak orang tua merasa bahwa perkembangan buah hatinya berjalan begitu cepat, seperti baru selesai melahirkan kemarin ternyata anak sudah tumbuh dalam usia 6 bulan. Dan yang awalnya hanya ASI eksklusif tetapi orang tua harus memulai untuk memikirkan jenis bubur bayi 6 bulan apa saja yang akan diberikan kepada buah hati. Adanya makanan berarti kebutuhan nutrisi tubuh juga bertambah, banyak jenis bahan makanan untuk bayi yang dapat melengkapi kebutuhan tersebut mulai dari buah, sayur, kacang-kacangan sampai dengan ikan.

Tetapi dalam perjalanan ibu memberikan asupan makanan pertamanya tidak jarang mengeluhkan karena anak yang susah makan. Banyak perilaku yang ditunjukkan buah hati untuk menolak makanan masuk ke mulutnya. Berikut ini beberapa tanda yang sering ditunjukkan oleh bayi, antara lain:

  1. Karena mungkin baru pertama mengenal rasa makanan terkadang mereka mengeluarkan kembali makanannya.
  2. Bayi yang selalu menyemburkan makanannya ketika hendak disuapi oleh orang tuanya.
  3. Ada juga bayi yang selalu menutup mulut untuk menolak keras makanan yang akan dimasukkan kedalam mulutnya saat jam makan.
  4. Bayi menolak dengan menepis makanan yang akan disuapkan kepadanya.
  5. Makanan yang sudah masuk ke mulut terkadang hanya berhenti dan dijadikan mainan didalam mulut dan tidak segera menelannya.
  6. Selalu memberontak saat akan dimasukkan makanan kedalam mulut bayi.
  7. Memberikan respon yang selalu rewel saat jam makan tiba.

Dengan beberapa tanda atau tingkah buah hati yang selalu menolak makanan seperti itu orang tua jangan lantas panik, tetapi cari tahu terlebih dahulu penyebabnya. Misalnya saja karena memang sedang sariawan, tumbuh gigi, sakit tenggorokan, makanan yang tidak sesuai ataupun lainnya. Makanya pada usia pertama bayi menerima makanan lebih baik orang tua memilih bahan yang tepat terlebih dahulu. Misalnya dengan memilih 2 jenis bubur bayi 6 bulan terlebih dahulu, lihat reaksinya jika memang suka bisa dilanjutkan tetapi jika menolak lebih baik cari tahu penyebabnya dahulu.

Karena semuanya itu butuh proses begitu pula proses untuk bayi dapat menerima berbagai jenis makanan yang akan dijadikan makanannya setiap hari. Misalnya pada usia 6 bulan akan harus diberikan makanan bubur ringan terlebih dahulu. Berikut ini beberapa jenis bubur yang dapat Anda buat dengan mudah, cepat tetapi tetap memperhitungkan nilai nutrisi yang terkandung yaitu:

  1. Bubur brokoli dan kentang.
    bubur bayi 6 bulan kentang brokoli

    Cara membuatnya cukup mudah Anda tinggal mengukus kedua bahan tersebut, setelah sedikit lembek atau tekstur empuk langsung dihaluskan. Menghaluskannya bisa menggunakan blender, setelah itu barulah dicampur dengan ASI ataupun air dan berikan kepada bayi.

  2. Bubur susu beras merah.
    bubur susu beras merah

    Anda bisa memanfaatkan tepung beras merah yang diolah dengan menggunakan kaldu ayam. Masak hingga matang kemudian bisa campurkan dengan ASI dan juga pisang Ambon, berikan kepada bayi selagi masih hangat.

  3. Bubur roti dan apel.
    bubur bayi apel

    Haluskan roti tawar, susu dan juga apel. Setelah benar-benar lembut bisa langsung sajikan dan berikan kepada buah hati.

  4. Bubur pepaya.
    bubur bayi pepaya

    Bisa Anda manfaatkan buah pepaya yang telah dihaluskan dan campur dengan ASI, pepaya sangat bagus untuk pencernaan.

Sekarang ini banyak jenis makanan instant untuk bayi yang ditawarkan melalui toko online ataupun secara langsung. Tetapi untuk menghindari adanya zat berbahaya dari makanan instant lebih baiknya bunda dirumah mempersiapkannya sendiri, karena banyak sekali jenis bubur bayi 6 bulan yang dapat dibuat dengan mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Selain keamanan makanan terjamin juga dapat meminimalisir bayi dari gangguan zat berbahaya.

Be the first to comment on "Bubur Bayi 6 Bulan yang Tepat untuk Buah Hati Anda yang Susah Makan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*