Bubur Bayi yang Sehat dan Tepat untuk Digunakan Sebagai Makanan Pendamping ASI

bubur bayi buah

Bayi yang telah memasuki usia 6 bulan keatas, tentunya akan membutuhkan makanan pendamping ASI yang memang dapat memberikan asupan gizi tambahan bagi pertumbuhan bayi. Salah satu makanan yang dianjurkan untuk diberikan kepada bayi diatas usia 6 bulan adalah bubur khusus untuk bayi, dimana bubur ini dapat Anda temukan dengan mudah, karena telah banyak disajikan oleh para pengelola toko online ataupun situs belanja online yang terpercaya di Indonesia. Meskipun dapat dengan mudah Anda temukan, namun banyak para ahli gizi yang akan lebih menyarankan bagi Anda untuk membuat bubur bayi sendiri, karena selain terjaga berbagai bahan alami dalam pembuatannya, bubur ini juga akan dapat memenuhi asupan gizi yang memang diperlukan oleh bayi. Bagi Anda yang memang sedang mencari resep untuk membuat bubur khusus bayi tersebut, berikut ini beberapa resep bubur yang mungkin dapat Anda buat sendiri:

bubur bayi ikan

  1. Bubur tim ati ayam, merupakan bubur yang dibuat dengan paduan berbahan utama beras, yang diolah dengan menggunakan kaldu ayam alami. Anda juga dapat menambahkan wortel yang telah dipotong kecil-kecil dan dikukus dalam sajian bubur tersebut, beserta dengan hati ayam yang telah diolah ataupun direbus terlebih dahulu. Bubur ini sangat baik jika disajikan sebagai menu sarapan pagi bagi bayi diatas 6 bulan ke atas, karena mengandung banyak zat gizi yang berguna bagi tumbuh kembang anak.

    bubur bayi beras merah

  2. Bubur bayi beras merah yang dipadukan dengan berbagai bahan sayuran hijau dan sayuran alami lainnya. Anda dapat merebus dan memasak beras merah, dengan menggunakan kaldu ayam alami, campurlah berbagai sayuran yang telah direbus dan dihaluskan, pada saat menyajikan bubur tersebut bagi bayi Anda. Penambahan daging ayam ataupun telur ayam, juga dapat Anda lakukan, untuk memberikan asupan protein yang lebih tinggi bagi tubuh bayi, sehingga akan mendukung tumbuh kembang mereka dengan sempurna.
  3. Bubur kacang hijau, merupakan bubur khusus untuk bayi, yang dapat Anda olah dengan menggunakan bahan pembuatan utama dari kacang hijau kupas yang telah di sangrai dan dihaluskan. Tambahkan air rebusan wortel, jus apel dan sedikit susu formula, untuk mendapatkan tekstur yang kental. Bubur kacang hijau yang dipadukan dengan jus apel ini, akan dapat memberikan asupan berbagai vitamin dan protein yang memang dibutuhkan dalam proses tumbuh kembang pada bayi.

    pure bayam

  4. Pure bayam, merupakan jenis makanan lunak bagi bayi, yang dibuat dengan bahan pembuatan utama sayur bayam, dan perpaduan kentang yang direbus dengan menggunakan kaldu ayam alami. Setelah proses perebusan bayam dan kentang tersebut, yang harus dilakukan oleh para ibu adalah melembutkan kedua bahan tersebut dengan menggunakan blender. Anda dapat menambahkan daging ayam, tahu ataupun telur untuk mendapatkan kandungan protein yang lebih besar dalam bubur tersebut.

Jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk membuat sendiri makanan pendamping ASI tersebut, kini cara termudah yang dapat Anda lakukan adalah membelinya dalam bentuk siap saji, yang biasanya banyak ditawarkan oleh beberapa toko online khusus yang memang menyediakan menu bubur bayi didalamnya. Namun dalam pembelian ini, Anda haruslah tetap memperhatikan beberapa hal didalamnya termasuk bahan pembuatan bubur itu sendiri serta sistem pengemasan bubur yang harus aman. Pastikan bahwa bubur diproses dengan sistem yang steril dan memiliki sistem pengemasan yang aman untuk diberikan kepada bayi Anda.

Be the first to comment on "Bubur Bayi yang Sehat dan Tepat untuk Digunakan Sebagai Makanan Pendamping ASI"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*