Calon Bunda Pikirkan Perawatan Bayi yang Baik

Pelayanan Baby Spa di setiap kota saat ini sedang menjadi perbincangan bahkan menjadi tren di kalangan orang tua. Perawatan bayi dibandrol dengan harga yang terjangkau. Banyak rumah sakit atau klinik yang menyediakan pelayanan spa. Banyak paket dan fasilitas yang ditawarkan di setiap rumah baby spa. Namun sebenarnya perawatan pada bayi bisa dilakukan di rumah.

Perawatan pada bayi dilakukan agar terbentuk sebuah ikatan antara si kecil dengan Anda. Selain itu dapat menstimulasi saraf motorik sehingga bayi menjadi sehat, cerdas, dan lincah. Perawatan pada bayi dapat memberikan rasa rileks dan rasa nyaman. Perawatan pada bayi juga bisa menstimulasi hormon pertumbuhan dan metabolisme tubuh. Sehingga sistem pernapasan, pencernaan, dan imunitas si kecil bekerja dengan baik.

Jenis layanan yang biasanya digunakan dalam baby spa, antara lain:

  1. Baby spa,
  2. Pijat bayi dan anak,
  3. Renang bayi,
  4. Baby gym.

Baby Massage adalah layanan pijat bayi dengan menggunakan tenaga yang ahli dilengkapi dengan creambath dan manicure. Mini creambath dilakukan untuk menjaga keindahan rambut si kecil, sedangkan manicure untuk membersihkan jari-jari si kecil. Baby gym adalah layanan senam bayi dipandu oleh tenaga professional. Manfaat baby gym seperti menguatkan otot dan persendian, imunitas si kecil, dan meningkatkan aktifitas sel-sel motorik.

Bagi calon bunda harus belajar bagaimana cara merawat bayi mulai dari hal sederhana. Langkah-langkah merawat bayi bagi calon bunda, antara lain:

  1. mengangkat bayi. Mengangkat bayi yang benar adalah berdiri menghadap ke arahnya, menyusup kan tangan ke bawah kepala dan lehernya, tangan lain ke pantat bayi. Angkat perlahan dan lembut ke arah dada kemudian putar kepalanya ke arah lekukan siku, kemudian menyangga tubuhnya dengan lengan bunda.
  2. memandikan bayi. Menggunakan produk-produk pilihan bunda. Membersihkan dengan air hangat pada wajah, lipatan kulit, dan area genital.
  3. merawat tali pusar. Bayi yang baru lahir tentu saja tali pusarnya masih menempel. Membersihkan area tali pusar dan sekitarnya. Hindari menutup tali pusar dengan popok atau kain tebal.
  4. mengganti popok. Gunakanlah selalu popok yang bersih dan kering.
  5. menidurkan bayi. Ciptakan suasana nyaman dan tenang pada si kecil.

Baca Juga: Sukses Menjalankan Ritual Memandikan Bayi Butuh Persiapan Emas Berikut, Simak Dulu Yuk!

Barang-barang perawatan bayi perlu disiapkan mulai dari pasca kehamilan sampai dia cukup besar. Ada beberapa perlengkapan bayi yang harus dipersiapkan, seperti perlengkapan tidur dan mandi bayi. Tidak hanya untuk bayi saja tetapi juga barang-barang untuk si bunda juga harus dipersiapkan, seperti barang- barang keperluan masa kehamilan sampai pasca melahirkan. Perlengkapan tidur bayi contohnya baby box, bantal, perlak bayi, kelambu, sprei, dan lain-lain. Perlengkapan mandi bayi seperti baby bath, handuk bayi, sabun, minyak telon, kapas steril, kapas bulat, baby manicure box set, nose aspirator, popok bayi, dan lain-lain. 

Anda ingin merawat bayi sama layaknya di tempat-tempat spa? Tentu saja bisa. Anda bisa melakukan perawatan pada kuku seperti manicure. Produk manicure satu set akan lebih murah dibandingkan dengan pergi ke tempat-tempat spa. Baby manicure box satu set berisi safety nail scissors, safety nail clipper. Anda bisa membersihkan hidung si kecil dengan puku nose aspirator.

Merawat bayi adalah hal yang menyenangkan bagi Anda. Bagi calon bunda pun harus mengenal dan belajar bagaimana memberikan perawatan bayi terbaik yang akan Anda berikan nantinya. Pengalaman adalah proses pembelajaran. Perawatan pada bayi yang terbaik adalah perawatan dari ibu. Kasih sayang, kesabaran, dan kecermatan memberikan sentuhan kepada buah hati Anda. Selamat belajar ya.

Be the first to comment on "Calon Bunda Pikirkan Perawatan Bayi yang Baik"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*