Cara Ampuh untuk Mengatasi Ruam Popok

mengatasi ruam popok

Pada zaman modern ini, para ibu muda sering sekali menggunakan cara praktis untuk merawat bayinya. Ibu lebih memilih menggunakan popok karena lebih mudah dan cepat. Popok yang sudah dipakai tinggal dibuang saja. Tanpa memperdulikan efeknya bagi si kecil. Popok bayi yang sering dipakai bisa menyebabkan ruam popok. Ibu harus pintar dalam mengatasi ruam popok.

Ruam adalah peradangan yang terjadi akibat jamur atau bakteri. Kulit yang terkena air lama-lama akan lembab. Hal ini menyebabkan kulit kemerah-merahan. Selain itu terjadi ruam bisa disebabkan karena gesekan antara kulit dengan popok. Pada kulit bayi akan lebih sensitif dari pada kulit orang dewasa. Rasa sensitif pada kulit akan menyebabkan bayi Anda rewel.

Ibu harus peka terhadap kondisi kesehatan si kecil. Beberapa gejala yang harus Anda kenal, seperti kulit pada bokong, paha, dan di sekitar kemaluan si kecil menjadi merah. Beberapa cara yang harus Anda lakukan untuk mengatasi ruam popok antara lain:

  • mengganti popok bila popok sudah basah.
  • mencuci tangan sebelum dan sesudah mengganti popok.
  • membersihkan kulit bayi cukup dengan air saja.
  • mengeringkan kulit dengan handuk kering.
  • memilih produk popok bayi yang aman bagi bayi Anda.

Baca Juga:Penting, Jangan Biarkan Kulit Buah Hati Bunda Iritasi Akibat Sembarangan Memilih Bahan Baju Bayi!

Ruam popok biasanya bisa sembuh bila segera ditangani. Tetapi bisa saja tidak sembuh karena Anda lalai. Sebaiknya Anda langsung bawa ke dokter. Dokter akan memberi solusi sesuai dengan penyebabnya. Biasanya banyak sekali pemicunya, seperti bahan makanan yang tidak cocok, produk bayi, atau jenis popok yang digunakan bayi. Biasanya dokter akan memberikan salep anti jamur dan obat minum.

Memilih popok bayi harus teliti, karena barang sepele akan menjadi persoalan yang rumit bagi Anda dan si kecil. Popok bayi yang kita kenal ada dua macam yaitu:

  • Popok bayi kain

Popok bayi kain kini sudah lebih modern dilengkapi dengan kancing dan perekat. Bila kotor, maka popok bisa langsung dicuci. Popok kain lebih aman dan murah. Namun popok kain mempunyai kelemahan, seperti tidak praktis, mudah bocor, dan persediaan harus banyak.

  • Popok bayi sekali pakai

Popok yang satu ini menjadi pilihan kebanyakan ibu, karena praktis. Popok ini mempunyai kelebihan selain praktis, popok ini tidak perlu sering ganti, tidak mudah bocor karena mengandung polymer yang bisa menahan urine. Namun popok ini kurang aman dan mahal.

Ibu pasti bingung memilih antara keduanya karena masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. 

Harga popok kain untuk bayi bervariasi, mulai harga Rp 5.000,00 hingga Rp 85.000,00. Popok kain dengan motif ShanKusen berbahan tebal, lembut, serta dapat menyerap air. Popok kain bayi diapering Clodi berharga Rp 85.000,00. Clodi mempunyai bahan yang terbuat dari kain fleece, microfleece, bamboo atau hemp yang lembut di kulit. Kelebihan yang lain adalah popok bisa dikecilkan atau dibesarkan. Popok ini bisa dipakai lagi untuk anak kedua Anda nantinya. Popok bayi sekali pakai isi 6 pcs. Bahan terbuat dari kertas, lembut, bisa dibawa saat bepergian. Harganya hanya Rp 30.000,00. 

Buah hati Anda adalah nyawa Anda juga. Ibu yang pintar adalah ibu yang bisa merawat bayinya dengan baik. Merawat bayi salah satunya adalah mengatasi ruam popok. Kenali gejala ruam popok pada bayi Anda. Ibu harus pandai memilih popok yang baik. Anda harus segera bertindak bila ruam semakin parah. Anda harus memeriksakan bayi Anda ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Be the first to comment on "Cara Ampuh untuk Mengatasi Ruam Popok"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*