Cara Efektif Menjaga Ibu Hamil Muda Agar Tetap Sehat

Cara Efektif Menjaga Ibu Hamil Muda Agar Tetap Sehat

Kehamilan merupakan salah satu peristiwa yang sangat ditunggu-tunggu oleh para perempuan setelah menikah. Berbagai peristiwa seperti kebahagiaan, terharu, takut dan was-was bercampur aduk menjadi satu sehingga menimbulkan sebuah perasaan yang sulit untuk didefinisikan. Berikut ini akan disampaikan beberapa cara efektif untuk menjaga kondisi hamil muda agar selalu sehat.

Cara Efektif Menjaga Ibu Hamil Muda Agar Tetap Sehat

Mengatasi Keluhan dan Berbagai Perubahan Fisik

Umumnya ketika seorang wanita dinyatakan hamil akan mengalami beberapa kejadian yang sedikit tidak mengenakan seperti mual-mual, sering buang air kecil, payudara terasa nyeri, sulit buang air besar, menginginkan menyantap makanan atau biasa yang disebut dengan ngidam. Selain itu ada beberapa ibu hamil yang tidak menyukai bau yang terlalu menyengat entah bau wangi seperti parfum ataupun bau busuk seperti sampah. Hal ini sebenarnya sebuah kondisi yang umum dan wajar saat hamil muda.

Beberapa keluhan yang sudah disebutkan di atas dapat diatasi dengan mengatasinya dengan cara perbanyak minum air putih, tidak ada salahnya meminum air jahe sebagai sebuah selingan agar tidak merasa bosan. Pengambilan porsi makan sebaiknya dalam jumlah yang sedikit namun secara berulang dalam durasi yang tidak terlalu lama. Hal ini dirasa efektif untuk mengurangi rasa mual bagi para ibu hamil. Tidak mengonsumsi makanan pedas, minuman soda dan membatasi konsumsi makanan yang digoreng sebagai antipasi untuk mencegah sembelit. Perbanyaklah konsumsi protein agar tubuh tidak merasa lemas.

Jangan pernah sekali-kali menahan kencing karena dapat menyebabkan infeksi kandungan kemih. Ketika Anda merasa ingin kencing berusahalah untuk mengeluarkannya agar tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh. Ketika waktu sore tiba kurangilah konsumsi air minum agar ketika waktu malam Anda tidak bolak-balik ke kamar mandi.

Menghindari Rokok, Minuman Beralkohol Dan Mengurangi Kafein

Merokok merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan keguguran, kondisi plasenta yang bermasalah bahkan dapat pula menyebabkan kondisi kelahiran prematur. Sehingga sangat tidak dianjurkan bagi sang ibu untuk merokok saat hamil terlebih saat sedang hamil muda. Selain rokok alkohol juga menjadi salah satu hal yang harus dihindari dikarenakan dapat menyebabkan berat badan bayi rendah ketika lahir, gangguan berbicara bahkan sampai pada kondisi hiperaktif. Konsumsi kafein yang berlebihan juga dapat menyebabkan keguguran sehingga sangat disarankan untuk mengurangi konsumsi kafein saat hamil.

Baca juga: Jangan Lakukan Ini Pada Saat Hamil Muda Agar Buah Hati Anda Dapat Tumbuh Sehat

Mengendalikan Kondisi Emosional

Berbagai perasaan muncul ketika sedang dalam masa kehamilan seperti rasa senang, gembira, cemas bahkan perasaan lelah. Sehingga sangat diperlukan untuk mengendali kondisi emosional sang ibu agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Pereratlah hubungan dengan pasangan agar terjalin sebuah kondisi emosional yang stabil. Dukungan pasangan sangatlah dibutuhkan saat Anda sedang hamil terlebih saat hamil muda jadi tidak ada salahnya meminta pasangan untuk selalu mendukung dan ikut menjaga kehamilan Anda.

Be the first to comment on "Cara Efektif Menjaga Ibu Hamil Muda Agar Tetap Sehat"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*