Cara Memandikan Bayi yang Baik dan Benar

Bagi ibu baru, aktifitas memandikan bayi tentunya masih terasa menakutkan karena belum ada pengalaman memiliki bayi. Padahal, apabila dilakukan secara baik dan benar, aktifitas memandikan si kecil ini bisa menjadi aktifitas yang bisa mendekatkan ibu dan bayi, karena kulit ibu yang bersentuhan langsung dengan bayi tentunya akan memberikan rangsangan yang baik bagi bayi. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan agar aktifitas memandikan si kecil aman, nyaman, dan menyenangkan:

Pilih Waktu yang Tepat

Saat mandi bayi, sebaiknya pilih waktu yang tepat dan luang, jangan terburu-buru atau sedang punya aktifitas lain, karena hal ini bisa mengganggu konsentrasi ibu dan ini bisa membuat tubuh bayi yang dimandikan tidak bersih sempurna. Jangan memandikan bayi setelah ia menyusu, tunggu beberapa saat sampai asupan ASI yang masuk sudah dapat disesuaikan oleh perut.

Persiapan untuk Bayi Sebelum Mandi

Bayi yang hendak dimandikan juga butuh persiapan, beberapa persiapan yang harus diperhatikan oleh ibu adalah mempersiapkan handuk, ember, sabun dan shampo khusus bayi, serta waslap kain. Perhatikan air yang digunakan untuk bayi mandi, jangan terlalu dingin, jangan pula terlalu panas, sebaiknya sebelum memasukkan bayi ke dalam air, periksa dulu suhu air dalam ember sehingga nyaman untuk bayi. Pastikan juga ruangan yang digunakan untuk bayi mandi memiliki suhu yang hangat, sehingga nyaman untuk bayi. Sebelum memandikan, pastikan semua perhiasan yang ada di tangan dilepaskan terlebih dahulu, kemudian cuci tangan hingga bersih.    

Bak mandi bayi tidak harus ditempatkan di kamar mandi, tapi bisa juga ditempatkan di ruangan lain, asalkan bersih, aman, serta memiliki suhu ruangan  yang hangat. Agar tidak licin, berikan alas kain atau handuk pada bagian bawah bak mandi, selain itu ibu juga bisa menggunakan sandal karet agar dapat berpijak dengan nyaman serta menghindari tergelincir.

Air pada bak mandi jangan terlalu penuh, maksimal setinggi 5 cm saja, ini untuk memudahkan  ibu saat memandikan bayi, apalagi jika ibu belum terlalu mahir.

Langkah-langkah yang Tepat Membersihkan Tubuh Bayi

  • Gunakan satu tangan serta lengan untuk menopang bagian tubuh serta kepala bayi,   sedangkan tangan tangan yang lainnya digunakan untuk menyangga tubuh bayi bagian bawah. Masukkan tubuh bayi secara perlahan dimulai dari kaki.
  • Pastikan satu tangan menyangga kepala bayi dan punggung dengan kokoh, sedangkan tangan yang lain membersihkan dan menggosok tubuh bayi. Jaga kepala bayi agar tetap berada di atas air.
  • Mulai basuh tubuh bayi dari bagian kepala, tubuh, pantat, kemudian bagian kelamin.
  • Apabila menggunakan waslap, maka gunakan kain yang berbeda ketika membasuh setiap bagian tubuh, hal ini untuk menghindarkan tubuh bayi dari penyebaran kuman.

Itulah cara dan tahapan yang harus diperhatikan ketika memandikan bayi. Bayi yang bersih tentunya akan terhindar  dari beragam kuman dan penyakit.

Be the first to comment on "Cara Memandikan Bayi yang Baik dan Benar"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*