Cara Membersihkan dan Mensterilkan Botol Susu Bayi dengan Benar dan Tepat

Cara Membersihkan dan Mensterilkan Botol Susu Bayi dengan Benar dan Tepat

Bagi ibu-ibu yang memiliki balita di rumah, penggunaan botol susu tentu sering dilakukan saat memberikan susu formula maupun ASI pada buah hati. Sehingga perlu untuk memperhatikan kebersihan dan memastikan botol benar-benar steril dari kuman, bakteri. Bayi di usia balita sangat rentan terhadap berbagai macam penyakit. Hal yang kemungkinan tidak berbahaya untuk orang dewasa, bisa jadi sangat berbahaya untuk bayi. Botol yang tidak disterilisasi dapat menimbulkan resiko infeksi kuman, bakteri, virus, maupun parasit pada saluran pencernaan bayi, dan mengakibatkan diare maupun muntah-muntah. Sterilisasi penting dilakukan terutama jika air yang dipakai untuk membersihkan tidak terjamin bersih dan berlaku jika botol masih dalam keadaan baru.

Cara Membersihkan dan Mensterilkan Botol Susu Bayi dengan Benar dan Tepat

Membersihkan botol disarankan setelah selesai pemakaian dan menghindari membiarkannya sampai sisa susu mengering dalam botol. Untuk membersihkan botol cukup lepaskan semua bagian botol, mulai dari dot dan tutupnya. Cuci dengan sabun kemudian bilas di bawah air mengalir. Ada baiknya menggunakan air hangat dan sikat pada dinding botol bagian dalam. Untuk mensterilkan botol ada tiga cara, antara lain yaitu:

  • Mensterilkan botol dengan mesin steril listrik.

Cara ini hanya membutuhkan waktu 8-12 menit. Botol susu yang disterilisasi dengan cara ini akan bertahan hingga 6 jam jika disimpan dalam keadaan botol yang tertutup. Tempatkan botol-botol secara tengkurap untuk hasil steril yang sepenuhnya. Mesin sterilisasi ini bisa mensterilkan botol dalam jumlah 6 sekaligus. Tapi ada kelemahan dari mesin ini, yaitu harus terhubung ke jaringan listrik, sehingga jika sewaktu-waktu ada kendala listrik seperti mati lampu, mesin ini tentu tidak bisa digunakan.

  • Mensterilkan botol dengan microwave.

Dengan microwave mensterilkan botol akan lebih cepat yaitu sekitar 90 detik. Sebelum melakukannya pastikan botol sudah dalam keadaan terbuka sebelum dimasukkan ke dalam microwave, untuk menghindari terjadinya penumpukan tekanan. Anda juga bisa menggunakan steamer untuk yang membutuhkan waktu sterilisasi sekitar 3-8 menit. Hasil sterilisasi dengan microwave akan bertahan selama 3 jam dengan catatan botol ditutup dengan rapat setelahnya. Kelebihan dari sterilisasi dengan microwave yaitu tidak meninggalkan bau maupun rasa pada botol. Kekurangannya tentu saja adalah tidak semua orang mempunyai alat yang satu ini.

Baca juga Cara Mengurangi Frekuensi Penggunaan Botol Susu Pada Balita

  • Mensterilkan botol dengan cara merebusnya.

Cara ini paling banyak dilakukan oleh ibu-ibu pada umumnya. Untuk mensterilkan botol dengan merebus, caranya adalah dengan terlebih dahulu memanaskan air pada panci bersih sampai air mendidih. Masukkan botol susu yang telah dilepaskan dari tutupnya ke dalam panci dan diamkan selama 5-10 menit. Angkat botol dan keringkan menggunakan handuk yang bersih. Usahakan menggunakan panci yang memang khusus untuk keperluan mensterilisasi botol. Jangan gunakan panci untuk keperluan memasak yang lain. Mensterilisasi dengan cara merebus juga penting sekali untuk memperhatikan petunjuk keamanannya, karena ada sebagian botol plastik yang mengandung BPA yang akan lebih baik disterilkan dengan menggunakan microwave.

Be the first to comment on "Cara Membersihkan dan Mensterilkan Botol Susu Bayi dengan Benar dan Tepat"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*